Saturday, 30 January 2016

Across The Universe (Across The Universe #1) by Beth Revis + Tebak Santa

Judul : Across The Universe
Sub Judul : Melintas Semesta
Serial : Across The Universe #1
Penulis : Beth Revis
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Januari 2015 (pertama kali terbit pada Januari 2011)
Tebal : 488
ISBN : 9786020311876
Genre : Young Adult

Format : paperback
Status : hadiah dari Secret Santa 2015
Rating : ★ ★ ★ ☆ ☆

Blurb : Amy adalah remaja yang dibekukan secara kriogenik di dalam pesawat angkasa luar Godspeed. Dia dan kedua orangtuanya akan menuju planet baru, Bumi-Centauri, tiga ratus tahun di masa depan. Tetapi 50 tahun sebelum Godspeed dijadwalkan mendarat, ruang krio 42 dibuka secara misterius, dan Amy terbangun dari tidur bekunya.

Seseorang mencoba membunuhnya

Kini Amy terjebak di dalam pesawat itu. Seluruh penumpang Godspeed yang berjumlah 2.312 orang dikendalikan oleh Eldest, pemimpin yang otoriter dan menakutkan. Tetapi ada Elder, remaja pemberontak yang akan menjadi penerus Eldest. Elder terpesona pada Amy, sekaligus ingin membuktikan dirinya sanggup menjadi pemimpin.

Amy sangat ingin memercayai Elder. Tapi bisakah dia menaruh keyakinan pada anak lelaki ini, yang tidak pernah tahu kehidupan di luar dinding-dinding kapal yang dingin? Amy hanya tahu dia dan Elder harus segera mengungkap rahasia-rahasia Godspeed sebelum orang yang telah membangunkannya mencoba membunuhnya lagi.

Review :

Amy dan kedua orangtuanya memutuskan untuk mengikuti pembekuan diri secara kriogenik dalam pesawat luar angkasa yang bernama Godspeed, meninggalkan Bumi-Surya menuju Bumi-Centauri. Perjalanan Bumi-Surya menuju Bumi-Centauri menghabiskan waktu tiga ratus tahun. Saat dibekukan umur Amy baru enam belas tahun dan profesi kedua orangtuanya terbilang cukup mentereng. Ayah Amy seorang analis militer dan ibu Amy seorang ahli genetik, profesi yang amat sangat dibutuhkan ketika mereka nanti tiba di Bumi-Centauri.


Friday, 29 January 2016

Read at Your Own Risk Reading Challenge

credit : mbak Yuska

Sebenarnya saya sudah berjanji pada diri sendiri untuk nggak ikut reading challenge apapun kecuali yang ada di Goodreads. Tapi ketika blogwalking kesana kemari saya menemukan reading challenge yang nggak begitu rumit dan berpotensi mengurangi (bukan menambah) timbunan TBR saya. Nama reading challenge-nya adalah Read at Your Own Risk Reading Challenge. Tantangan ini digagas oleh mbak Yuska di blognya Lust And Coffee.

Secara singkat tentang challenge ini adalah, setiap bulan mbak Yuska sebagai host akan melemparkan sebuah tema dan peserta membaca buku sesuai tema tersebut lalu mereview dan memasukkannya ke linky yang tersedia. Syarat mengikuti challenge ini yaitu :
  1. Membaca buku dan menulis resensi untuk tema yang ditentukan tiap bulan. Resensi boleh ditulis di blog, FB note atau Goodreads.
  2. Meninggalkan link resensi di linky paling bawah postingan aslinya.
  3. Akan ada pemenang bulanan untuk challenge ini berupa buku yang bisa dipilih sendiri senilai IDR 100,000.
  4. Peserta tidak wajib mengikuti challenge tiap bulan, tetapi bagi yang mengikuti dari Januari sampai Desember 2016 akan ada hadiah spesial yang akan diundi akhir tahun, yaitu hadiah buku sebesar IDR 250,000 yang bisa dipilih sendiri di toko buku online.
  5. Tema akan diumumkan setiap awal bulan. 

Gimana? Seru kan? Dengan challenge ini saya nggak perlu keluar dari zona nyaman saya sebagai pembaca buku romance atau young adult. Bukannya apa sih, berdasarkan pengalaman pribadi challenge yang saya ikuti yang diluar zona nyaman saya malah membuat saya terbebani untuk membacanya.

Nah... tema-tema untuk reading challenge ini yaitu : 
  1. Januari : Hujan / Rain atau buku bercover biru : Not A Perfect Wedding - Asri Tahir
  2. Februari : Love Story
  3. Maret :
  4. April :
  5. Mei :
  6. Juni :
  7. Juli :
  8. Agustus :
  9. September :
  10. Oktober :
  11. November :
  12. Desember :
Doakan saya tetap semangat mengikuti tantangan ini hingga bulan Desember nanti ya..



Thursday, 28 January 2016

Not A Perfect Wedding by Asri Tahir

Judul : Not A Perfect Wedding
Sub Judul : -
Serial : Le Mariage
Penulis : Asri Tahir
Penerbit : Elex Media Komputindo
Tahun Terbit : Maret 2015 (pertama kali terbit pada Maret 2015)
Tebal : 312
ISBN : 9786020258973
Genre : Contemporary Romance

Format : ebook
Status : pinjam di iJak
Rating : 2/5

Blurb : Raina Winatama: Di hari pernikahanku, aku kehilangan mempelaiku. Bukan karena dia melarikan diri. Tapi dia pergi untuk selamanya. Prakarsa Dwi Rahardi : Di hari pernikahanku, aku kehilangan mempelaiku. Bukan karena dia melarikan diri. Tapi aku harus pergi untuk selamanya. Pramudya Eka Rahardi : Di hari pernikahan adikku, aku harus menjadi mempelai laki-laki. Menjalankan sebuah pernikahan yang harusnya dilakukan oleh adikku, Prakarsa Dwi Rahardi.

Editor’s Note

Pernikahan yang indah adalah impian setiap orang di dunia ini. Tapi bagaimana jadinya kalau akhirnya Anda harus menikah dengan orang yang sebelumnya bahkan tidak pernah Anda temui?
Not A Perfect Wedding menghadirkan fakta bahwa belajar mencintai adalah satu-satunya cara. Tidak ada yang tidak mungkin. Ketulusan seseorang akan mengalahkan kekerasan hati, ketulusan dan cinta akan membalut luka dan menyembuhkannya. Not A Perfect Wedding akan menunjukkan caranya bagi pembaca.

***


Tuesday, 26 January 2016

LPM Kopdar BBI-ers Medan dan Korum BBI

Baiklah... saya mengaku...

Pengen bikin LPM tentang kopdar BBI-ers Medan dengan Kordinator Umum BBI kok ya nggak pernah nemu gitu pembukaan yang tepat. Jadi baiklah, LPM kali ini nggak usah pakai pembukaan yang berbunga-bunga.

Kamis, tanggal 7 Januari tiba-tiba Evyta @ Lensa Buku woro-woro di grup LINE BBI Medan (iya, nggak seperti grup BBI lain yang menggunakan WhatsApp, kami agak kekinian dengan menggunakan LINE) kalau Koordinator Umum BBI, Helvry Sinaga ada di Medan untuk keperluan kerjaan. Tapi sayangnya waktunya nggak lama, dan waktu kosong yang dimiliki Helvry juga mepet dengan kerjaannya. Akhirnya rencana pertemuan BBI-ers Medan dengan Pak Korum disepakati hanya bisa dilakukan oleh saya, Evyta, dan Lilis @ Purple Bookish.

Hari Jum'at tanggal 8 Januari sudah direncanakan kalau kami semua akan bertemu di Plaza Medan Fair pada hari Sabtu sore. Etapi.... Tepat di hari Sabtu rencana itu berubah kembali. Lokasi pertemuan kami tidak lagi di Plaza Medan Fair tapi di Stasiun Besar Kereta Api Medan. Saya sih dalem hati nanya gitu, kenapa gak pertemuannya sekalian ngantar Helvry ke Bandara Kuala Namu sambil naik KA Railink dan kita bisa nongkrong lama di bandara. Sekalian gitu mana tau ada pilot ganteng dan lajang kan bisa digebet #disambitrelkeretaapi

Sunday, 24 January 2016

Forgive To Forget by Daisy Ann


Judul : Forgive To Forget
Sub Judul : -
Penulis : Daisy Ann
Penerbit : Grasindo Publisher
Tahun Terbit : April 2015 (pertama kali terbit pada April 2015)
Tebal : 280 
ISBN : 9786022517771
Genre : Contemporary Romance

Format : ebook
Status : pinjam dari iJak
Rating : 2/5

Blurb : “If God can take away something you never imagined losing, then God can replace it by something you never imagined owning.”

Ada kenangan yang tak menyenangkan. Bagi Gio, Surabaya memberinya kenangan yang menyedihkan. Ada kenangan tentang ibundanya, juga kenangan enam tahun lalu tentang seseorang yang kehilangan nyawa tepat di depan matanya. Namun pekerjaan memaksa lelaki itu untuk kembali ke kota kelahirannya. Bagi Clarissa, kenangan terakhirnya tentang Glenn selalu membuatnya terpuruk. Perempuan itu menenggelamkan dirinya dalam lautan pekerjaan, melupakan urusan hatinya sendiri. Gio seolah membantunya dengan tumpukan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Namun seringkali, kenangan pahit tak semudah itu dilupakan, terutama ketika hati terasa sulit memaafkan. Mana yang lebih berat?

Memaafkan orang lain atau memaafkan diri sendiri? Hidup Gio dan Clarissa berbenturan pada satu malam. Pernah merasakan rasanya hampir mati sekaligus melihat kematian orang lain di hadapannya, membuat sikap Gio berubah. Satu sama lain, keduanya belajar memahami, bahwa beban tak selalu bisa diukur dari beratnya, namun juga berapa lama kenangan menyakitkan itu harus dibawa. 
“Because sometimes the matter is how long you can take it.”

Review :

Gio punya cerita suram tentang Surabaya. Ibunya pergi meninggalkan Ayah, Gio dan adiknya. Di Surabaya juga Gio menjadi saksi meninggalnya seorang cowok karena kecelakaan yang kemudian meminta Gio untuk menjaga kekasihnya. Kini setelah enam tahun berlalu Gio hanya menjalani hubungan tanpa status dengan Floria, si gadis yang ditinggalkan cowoknya itu.

Kini Gio harus kembali ke Surabaya karena perusahaan mengirimnya untuk menangani keadaan di kantor cabang selama beberapa bulan. Di Surabaya Gio mempunyai bawahan bernama Cla. Sejak awal Gio memandang Cla hanya sebagai bawahan namun ketika Cla mengalami kecelakaan Gio menjadi lebih perhatian pada Cla. Gio bisa tiba-tiba muncul di apartemen Cla dan memasak makan malam untuknya.

Cla sendiri punya kisah tersendiri tentang kehidupan percintaannya yang tragis. Kekasihnya meninggal dunia sewaktu sedang bersama selingkuhannya. Bertahun-tahun Cla berusaha move on tapi selalu gagal hingga kehadiran Gio membuat hidupnya berbeda. Saat Gio dan Cla mulai serius memikirkan hubungan mereka, kejutan lain muncul. Kejutan yang berkaitan dengan mantan kekasih Cla dan Flo, cewek tanpa status Gio.

Uummm... harus mulai dari mana ya?


Thursday, 21 January 2016

Chit - Chat : "Saksi Ahli" Dalam Sebuah Buku

Saksi Ahli dalam sebuah persidangan adalah saksi yang hadir karena keahliannya terhadap suatu perkara, bukan karena sedang terlibat dalam suatu perkara yang sedang disidangkan. Lalu apa hubungannya antara saksi ahli dengan sebuah buku?

Dalam membaca sebuah buku kita sering menemukan beberapa hal, baik itu hal kecil maupun hal besar yang sering kali tidak tepat dengan pengetahuan kita. Dengan apa yang kita ketahui tentang hal tersebut. Masalahnya karena kita tahu hal yang terdapat dalam buku itu tidak tepat, kita sebagai pembaca bisa misuh-misuh terhadap hal tersebut. Pada tingkat yang paling ekstrim, ketidaktepatan itu bisa membuat kita malas melanjutkan bacaan. Jadi, saksi ahli dalam sebuah buku adalah pembaca yang mengetahui informasi yang benar tentang sesuatu yang keliru ditulis oleh penulis.

Ketidaktepatan yang sering muncul dalam sebuah buku, diantaranya :
  • informasi suatu lokasi
  • gejala dan terapi suatu penyakit
  • tindakan / istilah medis
  • kepangkatan dalam angkatan bersenjata / kepolisian

Monday, 18 January 2016

Hijrah by Ade Tuti Turistiati

Judul : Hijrah
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Ade Tuti Turistiati
Penerbit : Quanta (Elex Media Komputindo)
Tahun Terbit : July 2014 (pertama kali terbit pada July 2014)
Tebal : 288
ISBN : 9786020244761
Genre : Contemporary Romance

Format : ebook
Status : pinjam dari iJakarta
Rating : 2/5

Blurb : Sakti Perdana, eksekutif muda, master lulusan universitas terkemuka di Amerika, masih sendiri di usianya yang ke-32. Kedua orangtua, saudara, dan teman-teman berlomba mencarikan jodoh untuknya. Laki-laki pertama yang dikenalkan oleh orangtuanya adalah Ardan. Hampir setiap hari Ardan mencoba menjalin hubungan lebih dekat dengan Sakti. Yang terjadi, semakin didekati, Sakti semakin menjauh. Laki-laki kedua adalah Dimas, teman Aning, sahabat Sakti. Aning berharap Sakti bisa mengikuti jejaknya menemukan tambatan hati di sebuah kelompok pengajian para eksekutif muda. Namun, Sakti antipati pada Dimas yang menurutnya lelaki pelit dengan keringat berbau kecut. 

Laki-laki ketiga adalah Abdul Soleh, dosen honorer di sebuah perguruan tinggi swasta di pinggiran Jakarta, merangkap guru ngaji di sebuah musala. Bahasanya formal. Gaya berpakaiannya tak sesuai dengan Sakti. Sakti langsung merasa mual, sebal, dan sakit kepala. Kegundahan membawa Sakti menemui Eva, sahabatnya, yang menikah tanpa cinta tapi kemudian berhasil membangun rumah tangga yang bahagia. Terinspirasi dengan kisah Eva, Sakti bertekad untuk hijrah. Hijrah dalam pola pikir, sikap, dan perilaku yang kurang baik ke segala sesuatu yang lebih diridai Allah Azza wa Jalla. Dalam proses hijrah itu, berbagai godaan datang, membuat Sakti goyah dan bimbang…. 

Review :

Sakti Perdana, gadis berusia 32 tahun, seorang executive senior di sebuah perusahaan besar, lulusan S2 dari universitas di Amerika Serikat kini sedang gundah gulana. Karena usianya keluarga bermaksud menjodohkan Sakti dengan kenalan keluarga. Perkenalan itu tidak ada yang berjalan sempurna. Sakti menolak mentah-mentah semua perkenalan itu hingga orangtua salahsatu cowok yang akan dijodohkan menyampaikan rasa kecewa yang mendalam karena tak sekalipun Sakti membalas SMS atau mengangkat telepon dari anak si teman ayah.

Serangkaian petuah pun disampaikan oleh Ayah dan Ibu Sakti. Mau tidak mau Sakti harus merobah tingkah lakunya yang kebanyakan orang menganggapnya sombong. Merobah tingkah laku adalah salahsatu cara agar jodoh lempang didapatkan Sakti. Pada saat bersamaan seorang cowok berprofesi sebagai dosen honor sekaligus guru ngaji kampung meminta perkenalan pada Sakti. Tak ingin lagi dimarahi atas tingkahnya Sakti pun menerima perkenalan cowok yang menurutnya enggak banget. Cowok yang bernama Abdul Soleh itu dinilai Sakti cowok yang kampungan sekaligus norak. Tapi AS (panggilan Sakti untuk Abdul Soleh) punya kepribadian yang santun.

Saturday, 16 January 2016

Chit - Chat : Sobat Baca

Yang namanya manusia pasti sering banget ya mengalami yang namanya males, nggak mood buat melakukan sesuatu. Termasuk dalam hal membaca.

Terkadang kita sudah memesan atau membeli sebuah buku dengan begitu semangat. Rencananya itu buku akan dibaca begitu bacaan yang saat ini dibaca selesai. Tapi entah karena terlalu lama menunggu buku tersebut sampai di tangan kita atau tiba-tiba membaca sebuah review tentang buku itu, kita mendadak malas ingin membaca buku tersebut. Atau sebuah buku membuat kita sangat penasaran. Hanya saja dari review yang beredar mengatakan kalau buku itu isinya luar biasa kacrut. Akhirnya kita bingung, pengen membaca buku tersebut tapi nggak ingin menderita sendirian.

Ada satu solusi buat kedua masalah tersebut. Namanya Baca Bareng. Seperti halnya para penyelam yang harus mempunyai sobat renang, seorang pembaca juga bisa punya Sobat Baca. Hal ini bisa dilakukan berdua atau malah berkelompok. Berbeda dengan sobat renang yang ketika berenang atau menyelam harus selalu bersisian, maka sobat baca nggak perlu saling ketemu untuk membaca. Sehingga membaca bareng bisa dilakukan berbeda kota.

Beberapa kali saya melakukan baca bareng diluar kegiatan Baca Bareng BBI. Salah satu baca bareng yang paling saya ingat adalah baca bareng serial The Hunger Games bersama OceMei. Saya di Halmahera, Mei di Medan. Saat ini saya punya sobat baca yang cukup intens buat baca bareng. Dia adalah Cut Lilis @ Purple Bookish. Nggak terhitung berapa banyak buku yang sudah kita baca bareng.


Friday, 1 January 2016

Riddle Secret Santa 2015



Haii... sudah 2016 ini...

Maaf ya kalau selama ini saya sering absen. Mood blogging saya menghilang sejak beberapa bulan yang lalu. Padahal saya punya banyak stok review yang tinggal diketik di draft lalu dipublish. Oke... cukup pembukaannya.

2015 adalah tahun keempat saya mengikuti event Secret Santa yang diadakan oleh divisi Event BBI. Dan sepanjang empat tahun itu sepertinya saya selalu bermasalah dengan yang namanya riddle. Kita lihat yuk perjalanan riddle yang saya terima selama empat tahun :
  • Tahun 1 : Santa memberikan saya riddle berupa puisi. Tapi sayangnya jawaban dari riddle itu adalah akun twitter si Santa yang pernah digunakannya. Gini deh ilustrasinya : Si Santa menggunakan @kembangsetaman untuk akun twitternya selama beberapa waktu, tapi 5 atau 6 bulan sebelum event Secret Santa berlangsung si Santa mengganti akun twitternya menjadi @rumputilalang. Lalu si Santa memberi riddle yang mengarah ke nama akun yang pertama yang dulu pernah digunakannya. Ya jelas lah, saya nggak berhasil nebak. Mana saya tahu kalau ternyata si Santa itu dulunya pake nama akun itu. Siapa Santa saya? Saya nggak tahu.
  • Tahun 2 : Santa lupa memberikan riddle untuk saya. Ketika mengirim paketnya si Santa baru nyadar kalau riddlenya ketinggalan di rumah. Dan saya pun lupa meminta riddle melalui divisi event. Tapi... yang membuat penyamaran Santa terbongkar adalah, 3 buku yang dikirim Santa mempunyai warna mayoritas kuning dan tentu saja saya langsung curiga pada seseorang yang akrab dengan warna kuning. Siapa Santa saya? Mbak Trully.
  • Tahun 3 : Ini Secret Santa yang paling keren. Kali ini Santa saya tidak lupa mengirimkan riddle yang sempat saya kira sebagai "hanya" sebagai kartu ucapan Selamat Natal. Ternyata memang riddlenya tersembunyi di kartu itu. Siapa Santa saya? Sabrina @ Notes Of Dreamer.
Tahun ini saya hanya menerima sebuah paket dari bukabuku.com yang berisi 1 buku dan (lagi-lagi) tanpa riddle apa pun. Saya pun bertanya pada divisi event hingga tiga kali tapi kata divisi event Santa saya belum membalas SMS, email, ataupun Whatsapp dari mereka. Maaf ya Nana, saya mengganggu libur Natal kamu dengan merecoki riddle saya (T.T)

Dan ketika waktu posting bareng riddle saya jadi males buat memostingnya. Karena posting riddle tanpa riddle kayak masak sayur tapi nggak pake sayur. Hampa!!

Akhirnya riddle saya datang pada 1 Januari 2016 ini. Makanya saya langsung memostingnya. Ini dia riddle saya :

Aku adalah putri dari sebuah kerajaan di daerah Norwegia. Tapi aku diculik nenek sihir lalu dikurung di sebuah menara yang tak terjamah. Kamu jangan salah sangka dulu, aku bukan Rapunzell. Aku hanyalah orang yang tinggal di daerah tak terjamah yang saat ini menjelma jadi Santamu. Ngomong-ngomong aku mengundangmu minum teh di rumahku, kamu pasti suka rumahku karena rumahku selalu ada salju di pojok kiri.

Nah.... hadiah yang saya dapat dari Santa adalah :


Makasih Santa atas hadiahnya. Nah... adakah diantara teman-teman yang mau membantuku memecahkan siapa Santaku??

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...