Saturday, 30 April 2016

Putri's Favorite Children Books


Seperti kebanyakan para kutubuku lainnya saya mulai menyukai buku sejak masih kanak-kanak. Ada beberapa buku anak-anak yang menjadi favorit saya. Berhubung bulan April ini tema posting bareng adalah Buku Anak maka saya memutuskan untuk membuat postingan tentang buku anak favorit saya, karena untuk mereview sebuah buku anak di blog buku romance rasanya kurang tepat.

Dan... ini dia beberapa buku anak favorit saya (disususn secara acak) :

Harry Potter series - J.K. Rowling. Siapa yang tidak tahu cerita tentang si penyihir cilik Harry Potter? Gak perlu banyak kata untuk mendeskripsikan kenapa buku ini menjadi favorit saya. Dan... Harry Potter selalu saja menarik untuk dibaca bukunya atau ditonton filmnya. Tapi memang ya... buat saya bukunya jauh lebih menarik dari filmnya meski dipenuhi oleh berbagai macam special effect. Saya yakin serial Harry Potter juga masuk dalam berbagai daftar buku favorit para kutubuku lainnya. 


Musim Cherry di Bullerbyn - Astrid Lingdren. Dari judul dan gambarnya saja sudah cukup mewakili isinya. Cerita tentang anak-anak di desa Bullerbyn (Jerman, kalau tidak salah) yang sangat berbahagia menantikan datangnya musim ceri. Mereka bisa bermain di bawah rindangnya pohon ceri atau pun memetik ceri dan membawanya pulang ke rumah. Saya mengenal karya Astrid Lingdren saat duduk di bangku SMP lewat karyanya yang berjudul "Ronya di Sarang Penyamun". Saat itu di halaman buku tersebut terdapat cover buku Musim Ceri di Bullerbyn, meski baru bisa membaca buku ini ketika saya menginjak bangku kuliah tapi buku ini menjadi favorit sejak pertama kali dibaca.



Friday, 29 April 2016

Dangerous Love by Christina Tirta

Judul : Dangerous Love
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Christina Tirta
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Juli 2015 (pertama kali terbit pada Juli 2015 )
Tebal : 296
ISBN : 9786020316796
Genre : Contemporary Romance

Format : ebook
Status : pinjam di iJakarta

Blurb : Dunia Catherine luluh lantak saat ibunya menikah lagi dengan Ayah Chantal. Chantal adalah gadis manis yang menyenangkan dan dicintai seluruh dunia. Hanya Catherine yang bertekad membencinya sepenuh hati. Bagaimana tidak? Chantal merebut Mami, satu-satunya orang yang ia sayangi. Chantal bagaikan tsunami yang menghancurkan kehidupan Catherine.

Namun, membenci Chantal bukanlah masalah terbesar Cath.

Hidupnya makin berantakan seperti keping-keping puzzle yang berserakan sejak Christ, pria misterius yang dikenalnya di kafe tenda Joe berhasil mencuri hatinya. Ia terpaksa menjalani kebohongan yang bagai jerat tak berujung pangkal.

Tertatih-tatih Cath berusaha melepaskan diri. Melewati berbagai rintangan yang membuatnya mengalami dan menyadari arti cinta dan benci.

Mencintai dan dicintai.

Membenci dan dibenci.

Sanggupkah Catherine terbebas dari perangkap itu dan menyusun keping-keping puzzle-nya hingga utuh?


Wednesday, 27 April 2016

Chit - Chat : Terjebak Rating


Perkenalan pertama saya dengan Goodreads sekitar tahun 2009 / 2010. Kalau ditanya dari mana saya mengenal Goodreads saya sendiri tidak ingat. Entah itu karena nyasar atau saya melihat di sidebar blog yang saya kunjungi.  Saya sempat tidak aktif di Goodreads karena harus menjalani penempatan kerja di luar kota. Saat itu Goodreads tidak punya tampilan mobile dan sinyal di desa saya cukup menyedihkan sehingga sulit untyuk membuka situs Goodreads.

Ketika Goodreads sudah mempunyai tampilan mobile, saya mulai aktif kembali. Saat itu Goodreads bagi saya hanyalah ajang untuk mendaftarkan buku apa saja yang telah saya baca. Tidak ada memberi review pada buku yang saya rating. Hanya memberi rating. Saat saya mempunyai blog buku, Goodreads menjadi sumber saya untuk mengetahui identitas suatu buku sewaktu saya ingin membuat review buku yang saya baca. Fungsi Goodreads kemudian bertambah ketika saya menjadikannya acuan rating dan review para pembaca saat saya ingin membeli buku.

Monday, 25 April 2016

Strawberry, Ice Cream, and You by Anisa Maryanti

Judul : Strawberry, Ice Cream, and You
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Anisa Maryanti 
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : April 2015 (pertama kali terbit pada April 2015 )
Tebal : 184 
ISBN : 9786020315508
Genre : Young Adult

Format : ebook
Status : pinjam di iJakarta

Blurb : Nara
Aku membenci Ayah. Lelaki itu menikahi Ibu tanpa cinta.

Setiap Nara mengetahui orangtuanya bertengkar, Nara selalu dibelikan es krim oleh ibunya. Sejak itu, es krim menjadi obat bagi segala kejadian buruk yang menimpa Nara. Bahkan ketika ibu dan kakaknya, Alvin, meninggal.

Yoza
Mengapa wajah itu selalu terlihat sedih? Mengapa dia begitu membenciku?

Yoza tidak mengerti, Nara begitu sulit untuk didekati. Sejak pertemuan pertama, Nara selalu bersikap dingin. Sikap itu semakin menjadi ketika Nara bertemu mama Yoza.


Saturday, 23 April 2016

Pemenang BBI Giveaway Hop 2016


Hai... maaf ya pengumuman giveawaynya telat sehari dari yang sudah ditetapkan oleh Divisi Event BBI. Sebelumnya saya berterima kasih banget buat kamu semua yang udah ikut memeriahkan acara ulang tahun BBI yang ke 5 tahun ini. 

Pengen cerita dikit nih, ada banyak banget entri yang masuk, beberapa mengikuti semua yang disyaratkan sementara beberapa lainnya hanya melakukannya sebagian. Tapi ya, namanya keberuntungan itu nggak pernah bisa diduga. Kalau memang rejekinya, namanya pasti muncul di pilihan rafflecopter. Dan hal itu saya alami banget di setiap giveaway dalam rangka ultah BBI. Buat saya kejadian ini lucu karena berulang setiap tahunnya, makanya saya berbagi cerita buat kamu. Apa mungkin giveaway selanjutnya harus saya buat lewat sistem komen atau di google docs ya? Ingin tahu saja, apa kejadian yang sama berulang kembali. 

Terlepas dari cerita saya yang nggak penting itu, ini dia para pemenangnya :
  1. Critical Eleven : Bintang P.
  2. I Remember You : Dina K.

Silahkan kirim email ke 99putriutama@gmail.com dalam waktu 1 x 24 jam. Dengan subjek : Konfirmasi Giveaway. Isi Email : Nama & alamat lengkap, no. Hp yang bisa dihubungi, buku pilihan.

Ditunggu konfirmasinya sesuai ketentuan di atas ya kalau tidak saya akan memilih pemenang baru. Terima kasih untuk partipasi semuanya. Bila belum menang, jangan kecewa karena saya berencana mengadakan giveaway di bulan-bulan berikutnya. Ohya, sekedar ingin tahu nih, kalau saya mengadakan giveaway lagi, pada pengen hadiah buku apa? 





Monday, 18 April 2016

Love, Lemon, And The Last Kiss by Ida Ernawati

Judul : Love, Lemon, And The Last Kiss
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Ida Ernawati
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Juni 2015 (pertama kali terbit pada Juni 2015)
Tebal : 192
ISBN : 9786020316086
Genre : Contemporary Romance

Format : ebook
Status : pinjam di iJakarta

Blurb : Meski Delia tergila-gila lemon yang kecut, tapi urusan kisah cinta, ia penggemar kisah cinta supermanis. Buat Delia, cerita tentang kesetiaan dan ketulusan Ardan merawat dan mendampingi istrinya masuk ke kategori kisah supermanis.

Namun, ketika kekaguman terhadap kisah Ardan yang manis itu perlahan berubah menjadi cinta, Delia terjebak dalam dilema.

Delia menekan perasaannya dalam-dalam terhadap Ardan dan memutuskan menerima cinta Reza yang gigih memperjuangkannya. Delia belajar satu hal: kisah cinta sejati tak selalu berjalan mulus dan manis. Seperti lemon yang kecut tapi menyehatkan, ujian kesetiaan membuat nilai cinta menjadi lebih berharga.

Saturday, 16 April 2016

Putri's Favorite Quotes


Sebenarnya postingan ini untuk tantangan hari keempat tanggal 14 April 2016, tapi saya masih bingung menentukan kutipan apa yang bisa saja ambil untuk tantangan ini. Di hari keempat tantangannya adalah memilih beberapa kutipan buku favorit dan memostingnya di Instagram. Berhubung ini sedang masa ulang tahun BBI maka saya memilih kutipan yang berhubungan dengan buku. 


"Reading is a way to open a person’s heart. It shows care, respect and love.”

Kutipan di atas saya ambil dari buku Operation : Forbidden karya Lindsay McKenna (baca reviewnya disini). Operation : Forbidden adalah cerita tentang seorang pilot pesawat tempur bernama Emma yang kariernya berada di ujung tanduk karena melanggar aturan militer. Emma ditugaskan untuk membantu pilot lain yang berada di Afghanistan dalam suatu misi bernama Operation Bookworm. Operasi selama enam bulan ini dikomandoi oleh Kapten Khalid seorang pilot pesawat tempur keturunan Afghanistan. Bersama adiknya Khalid membentuk Operation Bookworm untuk membagikan bantuan keperluan sekolah di desa-desa yang rawan akan serangan Taliban.

Friday, 15 April 2016

BBI Giveaway Hop 2016


Hai... di hari ke 5 dalam rangka ulang tahun BBI yang 5 ada yang spesial dari para anggota BBI. Kita mengadakan giveaway. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, saya memberikan dua buku karya 2 penulis lokal. Kita lihat yuk apa hadiah saya kali ini.

Detil buku :
Judul : Critical Eleven
Penulis : Ika Natassa
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Agustus 2015
Tebal : 344
Sinopsis : Dalam dunia penerbangan, dikenal istilah critical eleven, sebelas menit paling kritis di dalam pesawat—tiga menit setelah take off dan delapan menit sebelum landing—karena secara statistik delapan puluh persen kecelakaan pesawat umumnya terjadi dalam rentang waktu sebelas menit itu. It's when the aircraft is most vulnerable to any danger.

In a way, it's kinda the same with meeting people. Tiga menit pertama kritis sifatnya karena saat itulah kesan pertama terbentuk, lalu ada delapan menit sebelum berpisah—delapan menit ketika senyum, tindak tanduk, dan ekspresi wajah orang tersebut jelas bercerita apakah itu akan jadi awal sesuatu ataukah justru menjadi perpisahan.

Ale dan Anya pertama kali bertemu dalam penerbangan Jakarta-Sydney. Tiga menit pertama Anya terpikat, tujuh jam berikutnya mereka duduk bersebelahan dan saling mengenal lewat percakapan serta tawa, dan delapan menit sebelum berpisah Ale yakin dia menginginkan Anya.

Wednesday, 13 April 2016

Happy Birthday BBI


Dear Bebi...

Hari ini tepat 13 April 2016 usiamu genap 5 tahun. Sudah mulai besar. Sudah mulai unjuk gigi kepada dunia siapa dirimu sesungguhnya. 5 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk membesarkan namamu, mengokohkan namamu di dunia literasi Indonesia. 

Dear Bebi....

5 tahunmu juga menandai 5 tahun perjalanan hidupku. Dimulai dari sebuah kamar di rumah dinas salah satu Puskesmas di Halmahera aku mulai membuat blog buku di Wordpress yang lantas oleh Ana @ Bukumoo aku didaftarkan di Blog Buku Indonesia yang saat itu masih berada di salah satu forum di Goodreads Indonesia. Tak puas berada di Wordpress aku kemudian hijrah ke Blogspot dan membuat blog "Celoteh Putri Tentang Buku" yang kemudian berubah menjadi "Celoteh Putri". 


Tuesday, 12 April 2016

Dear Mbak Windry Ramadhina


Hai Mbak Win...

Perkenalkan nama saya Putri Utama, bisa dipanggil Putri atau Uthie. Anggota BBI yang saat ini berdomisili di Medan. 

Jadi gini mbak... Dalam rangka ulang tahun BBI yang ke 5, ada banyak event online yang digelar. Di hari kedua ini tantangannya adalah "Membuat Surat Terbuka Untuk Penulis Favorit" dan saya memilih Mbak Windry sebagai penulis favorit. Ohya, saya panggilnya Mbak Win boleh ya?

Saya mengenal karya Mbak Win dari reviewnya Mbak Annisa Anggiana untuk buku Memori. Saat itu saya masih menjalani penempatan di Halmahera - Maluku Utara. Saya ingat banget saking penasarannya pada buku itu saya langsung memesan buku itu via online setelah minggu sebelumnya saya mendatangi Gramedia Ternate dan tak menemukan Memori disana. Tapi saya jadi gigit jari membaca buku itu. Meski Memori menyelipkan kisah cinta antara Mahoni dan Simon, tapi permasalahan keluarga juga cukup kental di buku itu.


Monday, 11 April 2016

#BBI5th - Top 5 BBI-ers Favorit


Nggak terasa banget kalau BBI kini menginjak usia yang ke 5 tahun. Sudah besar. Bila diibaratkan bocah, sudah menjelang masuk SD. Nah, dalam ulang tahun kali ini divisi event BBI punya banyak acara yang berlangsung dari tanggal 11 - 21 April 2016. 

Dan topik untuk hari pertama ini adalah : Top 5 BBI-ers Favorit. Pilihan saya adalah (disusun secara acak) :

1. A.S. Dewi
Blog : Through Tinted Glass (http://4urfun.blogspot.com/)
Meskipun Dewi jarang mereview di blognya tapi setiap buku yang direview Dewi selalu membuat saya terhibur membacanya.


2. Pauline Destinugrainy
Blog : Desty Baca Buku (http://destybacabuku.wordpress.com/)
Review Mbak Desty itu padat dan berisi. Gak kayak review saya yang banyak curhat gak jelasnya. Selain itu Mbak Desty juga mempunyai kecepatan membaca yang luar biasa, jadi blognya selalu up to date. 

Friday, 8 April 2016

Take Off My Red Shoes by Nay Sharaya

Judul : Take Off My Red Shoes
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Nay Sharaya
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : Juni 2015 (pertama kali terbit pada Juni 2015)
Tebal : 240
ISBN : 9786023750580
Genre : Young Adult

Format : ebook
Status : pinjam di iJakarta

Blurb : Atha
Aku hanyalah seorang gadis yang terlalu lama memendam kesunyian. Hanya dua hal yang paling kuinginkan dalam hidupku. Mendapat tempat yang sama seperti Alia, saudara kembarku. Dan mendapat perhatian dari Ares, kakakku yang sempurna. Aku tak pernah ingin menyingkirkan siapa pun.

Alia
Aku memiliki semuanya. Memiliki semua yang tak dimiliki Atha. Mama dan Ares menyayangiku lebih dari segalanya. Tapi, ada seseorang. Dia satu-satunya orang yang selalu berada di samping Atha. Apakah salah jika aku ingin memilikinya juga?

Ares
Aku menyayangi kedua adikku dengan caraku sendiri. Dengan cara yang salah. Saat aku menyadarinya, semuanya sudah terlambat. Salah satu dari mereka menempuh jalannya sendiri dan akhirnya tersesat.

Kegan
Ada seseorang yang mengacaukan pikiranku. Seorang gadis bersepatu merah yang aneh. Kau tak akan pernah tahu apa yang ada dalam pikirannya. Tapi yang kutahu, sejak awal mengenalnya, matanya tak pernah berhenti menatap Ares, kakak lelakinya yang sekaligus adalah sahabatku sendiri.



Wednesday, 6 April 2016

Allegiant | Movie Review

Judul : Allegiant
Genre : Fantasy, Young Adult
Pemain : ShaileneWoodley, Theo James, Ansel Ergot, Miles Teller, Zoe Kravitz, Naomi Watts, Jeff Daniels
Durasi : 120 menit
Sutradara : Roberts Schwentke
Penulis Naskah : Noah Oppenheim, Adam Cooper, Bill Collage
Adaptasi Dari : Allegiant (Divergent #3) - Veronica Roth

Review
Tris (Shailene Woodley) dan Four (Theo James) kini telah bergabung dengan Factionless dibawah kepemimpinan Evelyn (Naomi Watts), ibu Four aka. Tobias sementara Jeanine yang merupakan pemimpin terdahulu sudah dihukum mati. Kini Evelyn pun berniat melakukan hukuman mati kepada seluruh pengikut Jeanine yang masih tersisa tanpa terkecuali. Dan itu termasuk Caleb Prior (Ansel Ergot), abang Tris yang membelot kepada Jeanine. Pada hari eksekusinya Tris meminta bantuan Four untuk membebaskan Caleb. 

Di tengah jalan mereka bertemu dengan Peter (Miles Teller) yang bersikeras untuk ikut bersama mereka atau melaporkan mereka kepada Jeanine dan juga Christina (Zoe Kravitz), sahabat Tris yang membantu pelarian mereka. Tujuan kelimanya hanya satu : keluar tembok yang membatasi hidup mereka. Entah bagaimana keadaan di luar tembok yang penting mereka melarikan diri karena kepemimpinan Evelyn tak ubahnya dengan kepemimpinan Jeanine.

Monday, 4 April 2016

Dia, Tanpa Aku by Esti Kinasih

Judul : Dia, Tanpa Aku
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Esti Kinasih
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Juni 2015 (pertama kali terbit pada Januari 2008)
Tebal : 280
ISBN : 9786020317595
Genre : Young Adult

Format : ebook
Status : pinjam di iJakarta

Blurb : Ronald, cowok kelas 2 SMA, sudah lama naksir Citra yang masih kelas 3 SMP. Tapi Ronald belum mau PDKT. Ia menunggu sampai Citra masuk SMA, karena itu ia hanya bisa mengamati Citra dari jauh.

Saat yang ditunggu Ronald selama berbulan-bulan akhirnya tiba. Citra masuk SMA! Namun Ronald kecewa karena ternyata Citra masuk SMA yang sama dengan adiknya, Reinald, dan sekelas pula. Namun, keinginan dan harapan terbesar Ronald untuk mendekati Citra tak pernah terwujud. Cowok itu kecelakaan dan tewas di tempat, tidak jauh dari rumah Citra.

Reinald menganggap Citra-lah penyebab kematian kakaknya. Rasa marah dan keinginannya untuk menyalahkan Citra membuat sikapnya terhadap cewek itu menjadi penuh permusuhan. Keduanya kemudian kerap bertengkar tanpa Citra tahu pasti alasan sebenarnya.

Sikap Reinald berubah drastis ketika Citra memutuskan untuk tidak lagi mengacuhkannya. Kini Reinald berada di posisi yang sama seperti Ronald dulu. Perubahan sikap Reinald itu tanpa sadar mendekatkan keduanya. Dan akhirnya Reinald tak lagi ingin menjaga Citra demi almarhum kakaknya.

"Gue suka cewek lo," ucap Reinald suatu hari di depan foto Ronald. Dan itu membuat sang kakak kemudian "kembali"!



Saturday, 2 April 2016

Stuck In Love by Stephanie Zen

Judul : Stuck In Love
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Stephanie Zen
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Desember 2015 (pertama kali terbit pada Desember 2015)
Tebal : 312
ISBN : 9786020323503
Genre : Contemporray Romance

Format : paperback
Status : punya sendiri

Blurb : Enzo
Aku senang melihatnya tertawa, atau merengut kesal ketika kugoda. Aku senang mendengarnya bercerita. She's the best friend ever!

Alleira
Aku senang menghabiskan waktu bersamanya. Akan selalu kuingat setiap detik jika dia ada.

Ben
Bagiku, yang terpenting Alleira bahagia. Selama dia bahagia, aku akan baik-baik saja.

---

Terancam kehilangan pekerjaan telah membawa Alleira Barata bertemu Benjamin Chua. Alleira tidak pernah tahu, bahwa saat pekerjaan di kantor barunya itu dimulai, babak baru dalam kehidupannya juga dimulai.

Terjepit di antara cinta – yang kemungkinan besar bertepuk sebelah tangan – pada sahabatnya sendiri dan perhatian-perhatian kecil yang perlahan ditawarkan Ben, membuat hidup Alleira sungguh kompleks.

Alleira jarang memikirkan, manakah hal-hal dalam di dalam hidupnya yang sungguh berarti, sampai suatu ketika ia dihadapkan pada sebuah keputusan besar yang harus diambil: memilih untuk mencintai, atau dicintai.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...