Saturday 22 September 2012

#54 The Academy by Emmaline Andrews


Kristina dan Kristopher Jameson adalah kakak beradik yang terlahir kembar. Saat melahirkan mereka, sang Ibu meninggal dunia sehingga mereka besar dibawah didikan sang Ayah. Sebenarnya lebih tepatnya besar dibawah asuhan pelayan, tutor, dan orang-orang yang digaji sang Ayah untuk menjaga dan mendidik mereka. Kedua kembaran ini memiliki kegemaran dan kemampuan yang bertolak belakang. Kristina, sangat cemerlang pada pelajaran-pelajaran yang membutuhkan kemampuan berhitung sedangkan Kristopher unggul dalam bidang musik dengan spesialisasi pada violin.

Dengan kemampuan yang bertolak belakang itu ditambah dengan karakter sang ayah yang keras dan memandang perempuan dengan sebelah mata, masalah muncul ketika sang ayah memutuskan untuk menentukan masa depan mereka tanpa kompromi. Kristopher diwajibkan bersekolah di The Academy padahal satu audisi besar harus diikutinya sementara Kristina akan segera dinikahkan dengan pria pilihan sang Ayah. Merasa hidup mereka bakal berantakan selamanya, tercetuslah ide untuk bertukar tempat diantara keduanya.


Dan demikian terdamparlah Kristina di The Academy, yang merupakan sekolah militer dengan penghuni (baik siswa maupun pengajar) seratus persen laki-laki. Parahnya, baru satu hari Kristina berada di The Academy ia sudah mendapat musuh besar. Apalagi North, roommate Kristina langsung tidak menyukainya tanpa alasan yang jelas. Semuanya menjadi bencana ketika Kristina baru mengetahui jika di asrama mereka hanya ada satu kamar mandi. Itu artinya, semua murid menggunakan kamar mandi tersebut dalam waktu bersamaan seperti lazimnya kamar mandi pada sekolah berasrama lainnya.

Sebagai anak baru dengan badan yang mungil, wajah yang lebih tepat dikatakan cantik daripada ganteng, dan ternyata unggul di dalam kelas, Kristina menjadi bulan-bulanan musuh besar merangkap seniornya tersebut. Entah kenapa setiap Kristina berhadapan dengan musuh besarnya tersebut mendadak North muncul dan menyelamatkannya. North sendiri galau dengan perasaannya. Ia selalu bertanya-tanya pada dirinya sendiri mengapa ia punya perasaan lebih dari sekedar roommate kepada Kristina. Apalagi sepertinya Kristina terlalu cantik untuk menjadi seorang cowok. Kegalauan North ini benar-benar memancing tawa saat ia mempertanyakan orientasi seksualnya.

Ceritanya ringan dengan ide cerita yang tidak terlalu brilian. Tapi tetap menarik untuk dibaca. Bahkan covernya pun cukup sederhana. Melihat cewek yang ada di cover tersebut sudah pasti merujuk pada Kristina alias Kristopher palsu. Saya jadi bertanya-tanya sendiri, kira-kira seperti apa ya tampang Kristopher sebenarnya. Yang mengurangi poin saya bagi buku ini adalah saya tidak suka saat pengakuan North yang membantu adiknya bunuh diri dan Kristina menerima kenyataan tersebut dengan santai. Selain itu, kategori buku ini 'kan YA, lantas dimana adegan pacaran khas YA??? ( __" )

"Why so glum, my dear?" he asked softly. "Do you think it impossible to learn to love the inner person, even if the outer appearance is not what you might wish to be?"

Judul : The Academy
Penulis : Emmaline Andrews
Penerbit : Evangeline Anderson Books
Tebal : 244 halaman
Kategori : Young Adult

2 comments:

  1. memikirkan hal yang sama tentang Kristopher, emang ini buku gak ada sekuelnya ya?

    ReplyDelete
  2. aha.. sudah masuk antrian nih buku :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...