Thursday, 20 March 2014

#132 Pushing The Limits #2 - Dare You To by Katie McGarry

Judul : Dare You To
Serial : Pushing The Limits #2
Penulis : Katie McGarry
Penerbit : Harlequin Teens, Juni 2013 (pertama kali terbit pada Januari 2013)
Tebal : 365 halaman
Format : ebook  epub
Genre : Young Adult, Contemporary Romance
ISBN : 9781460313282

Periode Baca : 06/01/2014 - 31/01/2014

Blurb
" I DARE YOU..."
If anyone knew the truth about Beth Risk's home life, they'd send her mother to jail and seventeen-year-old Beth who knows where. So she protects her mom at all costs. Until the day her uncle swoops in and forces Beth to choose between her mom's freedom and her own happiness. That's how Beth finds herself living with an aunt who doesn't want her and going to a school that doesn't understand her. At all. Except for the one guy who shouldn't get her, but does....

Ryan Stone is the town golden boy, a popular baseball star jock--with secrets he can't tell anyone. Not even the friends he shares everything with, including the constant dares to do crazy things. The craziest? Asking out the Skater girl who couldn't be less interested in him.

But what begins as a dare becomes an intense attraction neither Ryan nor Beth expected. Suddenly, the boy with the flawless image risks his dreams--and his life--for the girl he loves, and the girl who won't let anyone get too close is daring herself to want it all....




Review
B eth Risk paling tidak bisa menolak tantangan dari siapa pun. Termasuk dari Ryan. Perkenalan mereka yang tidak menyenangkan itu terjadi di restoran cepat saji dimana Beth menjadi pramusaji part time. Memandang Beth sebagai anak gothic, teman-teman segeng Ryan meyakini kalau Beth pasti takkan mau berkencan dengan Ryan. Apalagi Beth juga anak miskin yang tentunya tidak selevel dengan Ryan and the gank yang anak orang kaya.

Di rumah, Beth punya masalah sendiri. Ia harus bertahan hidup dengan seorang ibu pemabuk sekaligus pacarnya yang seorang pengedar narkoba. Ketika ibunya melakukan tindakan kriminal, ia memohon pada Beth untuk mengaku kalau Beth lah yang menjadi pelakunya. Demi ibu yang brengsek itu, Beth mengaku pada polisi. Dan... resmilah Beth menjadi tahanan kepolisian.

Diluar perkiraan Beth seseorang bersedia membayar uang jaminan agar Beth bisa bebas. Ia adalah paman kandung Beth. Tak cuma membebaskan Beth, si paman punya syarat khusus untuknya. Beth diwajibkan tinggal di rumah si paman yang kaya raya, meninggalkan teman-teman sepermainan Beth seperti Isaah dan Noah, lalu dia juga harus pindah sekolah, dan yang paling penting Beth harus meninggalkan ibunya. Berat hati Beth memutuskan mengikuti syarat sang paman meski dalam hati berjanji untuk tetap menghubungi Isaah dan Noah.

Di lingkungan baru, yang sama sekali berbeda dari lingkungan yang selama ini Beth kenal, ia harus beradaptasi dengan cepat. Sekolah baru juga menjadi tantangan tersendiri. Murisdmurid sekolah itu anak-anak orang kaya dan berkelas yang pasti memandang Beth sebelah mata yang dilakujan diam-diam. Tidak ada yang berani melakukannya terang-terangan karena paman Beth merupakan orang penting di sekolah itu. Yang paling parah adalah Beth harus menerima kenyataan kalau salah satu murid di sekolah itu adalah Ryan dan Beth sekelas dengannya.

Pertemuan mereka memicu tantangan yang dulu sempat dilontarkan. Beth pun masih menerima tantangan itu. Namun tepat ketika Beth mulai merasa nyaman dengan lingkungan rumah baru, sekolah baru, dan Ryan, saat itu juga Ibu Beth hadir, mengajak Beth untuk tinggal bersama dan memulai hidup baru yang bebas dari gangguan siapa pun.

Karakter
Beth Risk, cewek gothic, tipikal pemberontak yang sayang banget pada Ibunya yang peminum. Beth juga setia pada Isaah dan Noah. Memang sih sayangnya Beth ke Ibunya itu amat sangat menyebalkan tapi sebenarnya bisa dimaklumi. Hanya Ibu lah satu-satunya orangtua Beth yang tersisa. Beth pun tak punya saudara kandung. Bagi saya Beth ini tipe cewek pemberontak sekaligus lovable. Gak kayak emaknya. Kalau bisa ditendang ke kawah gunung Sinabung, itu emak udah ditendang dah. Abis jahat banget jadi emak. Suka banget memanfaatkan Beth. Sebel liatnya >.<

Ryan Stone, tipikal cowok remaja idaman siapa saja khususnya buat anak-anak SMU. Baik, populer, pintar dan jago basket. Untung dia bukan ketua murid, kalau gak, udah semua kelebihan dimiliki Ryan. Tapi itu tampilan di sekolah dan diluar rumah. Di rumah Ryan menjadi sosok yang berbeda 100% dari yang ditampilkannya di sekolah. Ia sering stress menghadapi keluarganya. Orangtuanya diambang perceraian. Si Ayah yang selalu menyalahkan ketidakberesan di rumah pada Ibu Ryan. Sementara si Ibu juga tak peduli pada keadaan rumah. Pura-pura semua baik-baik saja. Satu-satunya saudara, abang Ryan malah pergi meninggalkan rumah. Meninggalkan Ryan sendirian menghadapi Ayah-Ibunya dan tak tahu harus bercerita pada siapa untuk melegakan beban perasaannya. 

Plot, PoV, Setting
Plotnya beralur maju dengan PoV dari orang pertama tunggal, terutama pada Beth. Porsi Beth bercerita pada buku ini sekitar 60% dan sisa 40% bagian Ryan. Ber-setting di Kentucky, US pada waktu sekarang ini.

Ide Cerita
Ide yang paling mendasar menurut saya adalah tentang kasih sayang anak terhadap orangtuanya. Saya melihat kalau ide tersebut cukup kuat dalam buku ini. Ide itu berkaitan pada ucapan-ucapan Ibu Beth yang mengatakan kalau Beth adalah sesuatu yang tidak diinginkannya di dunia ini. Kehadiran yang tiba-tiba dan tanpa direncanakan adalah bencana bagi si ibu. Mengesalkan memang. Tapi kalau mau dilihat lebih dalam lagi, ucapan-ucapan si ibu itu seperti sebuah peringatan "punya bayi itu tanggung jawabnya gede. Jadi jangan asal sembarangan buat!" #eh

Rekomendasi
Dare You To saya rekomendasikan buat remaja atau para dewasa muda atau buat siapa pun yang mencari cerita YA yang ringan tapi memiliki pesan didalamnya. Dan.. dari 2 buku Katie McGarry yang telah saya baca, saya memutuskan untuk membaca lanjutan cerita ini. Saya suka pada gaya penulisan McGarry.

Rating
Sebenarnya saya ingin memberikan 5 buat buku ini. Tapi berhubung saya sebel melihat Ibu Beth jadi ratingnya saya turunin.
1 untuk cover
1 untuk ide cerita
1 untuk paman Beth 
1 untuk Ryan









@ Medan
18022014

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...