Tuesday, 15 April 2014

#136 Kendra's Chronicles #2 - Bewitching by Alex Flinn

Judul : Bewitching
Sub Judul : -
Serial : Kendra's Chronicles #2
Penulis : Alex Flinn
Penerbit : Harper Teen
Tahun Terbit : Februari 2012 (pertama kali terbit pada Februari 2012)
Halaman : 368
Format : ebook
Status : -
Genre : Young Adult
ISBN : 9780062104069

Periode Baca : 04/03/2014 - 07/03/2014


Synopsis : Bewitching can be a beast. . . . Once, I put a curse on a beastly and arrogant high school boy. That one turned out all right. Others didn’t. I go to a new school now—one where no one knows that I should have graduated long ago. I’m not still here because I’m stupid; I just don’t age. You see, I’m immortal. And I pretty much know everything after hundreds of years—except for when to take my powers and butt out. I want to help, but things just go awry in ways I could never predict. Like when I tried to free some children from a gingerbread house and ended up being hanged. After I came back from the dead (immortal, remember?), I tried to play matchmaker for a French prince and ended up banished from France forever. And that little mermaid I found in the Titanic lifeboat? I don’t even want to think about it. Now a girl named Emma needs me. I probably shouldn’t get involved, but her gorgeous stepsister is conniving to the core. I think I have just the thing to fix that girl—and it isn’t an enchanted pumpkin. Although you never know what will happen when I start . . . bewitching.


 
Review
Masih ingat pada kisah Kyle Kingsbury di "Beastly" dimana Kyle disihir menjadi cowok buruk rupa oleh seorang penyihir remaja bernama Kendra? Nah, Bewitching ini adalah kisah Kendra itu sendiri.

Sebenarnya ada 2 cerita dibuku ini. 

Cerita pertama berkisah tentang perjalanan hidup Kendra menjadi seorang penyihir pada abad ke 16. Di abad tersebut seluruh desa tempat Kendra tinggal terserang wabah. Ibu dan dua orang adik laki-laki Kendra turut menjadi korban. Ibu dan seorang adiknya meninggal dunia sementara yang satu lagi dalam kondisi sekarat. Kendra yang tidak terserang penyakit berusaha mencari obat untuk adiknya.

Ia lalu mendatangi rumah seorang penyihir perempuan untuk meminta bantuan. Sebelum desa itu terserang wabah Kendra sering mendatangi rumah itu dan si penyihir sedikit demi sedikit mengajarinya tentang ramuan obat dari tanaman. Tiba di rumah si penyihir, rumahnya dalam keadaan kosong. Ternyata si penyihir telah meninggalkan desa itu. Dalam keadaan kalut, Kendra berusaha mengingat-ingat apa saja yang sudah diajarkan oleh si penyihir dan mulai meramu tanaman di sekitar rumah dan hutan di dekat desa sebagai obat untuk pengobatan si adik. 

Di luar dugaan si adik sembuh. Karena takut warga desa akan menuduhnya sebagai penyihir yang telah menyembuhkan si adik sekaligus menyebarkan wabah di desa mereka, Kendra memutuskan untuk pergi dari desa mereka bersama adiknya. Mereka berjalanan melewati hutan. Ketika malam tiba, Kendra dan adiknya sudah sangat kelelahan dan kelaparan. Maklum mereka tidak makan apa pun kecuali buah berry yang ditemukan di hutan.

Saat itulah mereka melihat sebuah rumah ditengah hutan yang menguarkan wangi roti jahe. Saking laparnya mereka memutuskan untuk memakan pagar rumah yang terasa lembut dan wangi seperti kue jahe. Tanpa mereka duga, seorang penyihir perempuan mendatangi dan menangkap mereka. Si penyihir itu memutuskan untuk memasak mereka berdua menjadi kue jahe untuk menggantikan pagar kue jahe yang telah mereka makan.

Ceritanya familiar? Yup. Terasa seperti cerita dongeng Hans & Gretel kan? Cerita ini merupakan retelling dari dongeng tersebut. Dan dari cerita itulah awal kisah Kendra. Kisah Kendra yang lain juga berdasarkan cerita dongeng lainnya. Ada beberapa cerita lain tentang perjalanan Kendra dari abad ke 16 hingga ke masa sekarang yang juga merupakan retelling dari cerita dongeng.

Cerita kedua berjudul "Lissette & Emma" dimana Kendra kembali berperan menolong seorang remaja di abad sekarang ini. Sama seperti ketika ia membantu Kyle Kingsbury untuk menemukan sifat baik dalam dirinya. Lissette & Emma bercerita tentang seorang gadis remaja di sebuah SMU bernama Emma. 

Sejak Emma berusia 3 tahun, ibunya menikah dengan seorang laki-laki yang kemudian dipanggil Emma sebagai "Dad". Sepuluh tahun kemudian, rumah Emma kedatangan seorang anak perempuan bernama Lissette. Ia anak kandung dari ayah tiri Emma. Lissette cantik, pintar, dan supel. Semua orang terpesona pada kecantikan dan keramahan Lissette kecuali ibu Emma yang merasa semua hal tersebut hanyalah topeng yang dikenakan Lissette.

Segera saja Lissette merebut perhatian ayah tiri Emma dan menjelek-jelekan Emma di depan sang ayah. Sang ayah pun terpengaruh pada perkataan Lissette yang menilai semua perbuatan jahat Emma sebagai bentuk kecemburan atas kedekatan Lissette dengan sang ayah. Sayangnya anggapan itu salah. Tak sekalipun Emma pernah berbuat seperti apa yang dikatakan Lissette. Puncaknya Lissette meminta Emma untuk menjauhi sang ayah karena selama ini Emma lah yang telah merebut ayah Lissette dari sisinya.Emma menurut. Dan hubungan erat Emma dan Dad pun merenggang.

Ketika berumur 16 tahun kelakuan Lissette semakin menjadi. Ia kini merebut teman-teman terdekat Emma yang menyebabkan Emma tak mempunyai teman lagi kecuali seorang cewek berpenampilan gothic yang sering duduk di kelas yang diambil Emma. Cewek gothic itu Kendra. Kendra sendiri lama-lama jenuh melihat tingkah Lissette yang keterlaluan dan memutuskan untuk menolong Emma.

Di masa SMU juga, Emma berkenalan dengan seorang cowok. Warner nama cowok itu. Mereka berpacaran sehingga membuat Lissette cemburu. Ia pun berusaha merebut Warner dari Emma dengan mengarang cerita bagaimana buruknya Emma dan ibunya memperlakukan Lissette di rumah. Warner terpengaruh ucapan itu dan mulai menjaga jarak dari Emma dan mendekati Lissette. Emma pun patah hati.

Di masa patah hati dan berusaha merebut kembali Warner, Emma, ibunya dan Lissette mendapat undangan pesta dansa yang diadakan seorang rockstar remaja terkenal. Ini kesempatan Emma untuk melupakan sakit hatinya pada Warner. Tapi... rasanya tidak mungkin Emma berhasil merebut perhatian si rockstar  yang ganteng banget dan menjadi pujaan cewek-cewek dimana pun sementara Warner yang biasa-biasa saja terpesona pada Lissette dan melupakan Emma.

^ ^ ^

Alex Flinn ini sepertinya spesialisasi re-telling fairy tales. Di buku ini saja ada 4 re-telling fairy tales yang diramu oleh Flinn dengan sentuhan modren. Contoh adaptasi ke masa kini, bukannya bertemu dengan seorang pangeran sebagaimana yang dituturkan dongeng aslinya, Emma malah bertemu dengan seorang rockstar ganteng. Karena rockstar lebih gampang ditemui saat ini dari pada menemukan seorang pangeran. Pangeran incaran yang ada saat ini paling cuma Pangeran William (yang sayangnya sudah menikah dan punya anak) serta Pangeran Harry (yang jauh di Ingrris sono).

Dari sekian banyak tokoh bertebaran dibuku ini, tentu saja yang paling menyebalkan itu adalah Lissette. Dan Warner juga sih. Lissette memang tidak membully Emma dan mempengaruhi seisi sekolah untuk menjauhi Emma. Tapi ia meyebabkan Emma kehilangan teman dekat sejak masa SMP dan merebut pacar dan ayah mereka dari Emma. 

Warner juga sama nyebelinnya. Pengen dijitak itu cowok. Kirain Warner-lah yang bakal melindungi Emma dari Lissette. Eh, bisa-bisanya ia lebih percaya pada ucapan Lissette. Untung ada si rockstar yang diluar dugaan punya sifat berbeda dari artis-artis terkenal pada umumya. Ia tidak suka pesta dan... punya hobi membaca khususnya buku-buku klasik. Sejalan dengan Emma yang punya hobi serupa.

Yah.. intinya saya suka pada buku ini. Saya suka pada model re-telling fairy tales yang ditulis oleh Flinn. Karena kesannya tidak memaksa. Ceritanya disesuaikan dengan kondisi sekarang dengan alur-alur yang tidak berubah dari dongeng aslinya. Jadi penasaran pengen baca buku Flinn  yang lain, Towering. Katanya sih buku itu re-telling dari dongeng Rapunzel.

Rating
1 untuk gaya penceritaannya
1 untuk covernya yang terkesan misterius tapi keren
1 untuk si rockstar ganteng yang suka membaca



@ Medan
14032014

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...