Sunday, 5 July 2015

12 Tahun Terus Bergegas GagasMedia

sumber : fb GagasMedia

Hai....

Salahsatu penerbit major yang terkenal dengan covernya yang eye catching sehingga sulit untuk diabaikan kalau sudah berada di toko buku atau ya lagi celingak-celinguk di toko buku online sedang berulang tahun. Pasti tahu dong siapa penerbit itu? Yup... GagasMedia. Nah dalam rangka ulang tahun GagasMedia yang ke 12 tahun ini, mereka menyediakan kado untuk blogger. Apa kadonya? Ya pasti buku lah :D

Gak usah panjang lebar lagi deh, ini dia jawaban saya untuk kedua belas pertanyaan yang diajukan. Sebenarnya pertanyaan itu bisa dijawab dengan buku atau penulis yang bukan dari GagasMedia kecuali pertanyaan nomer 6. Tapi berhubung ini kan ulangtahunnya GagasMedia kan ya, jadi saya memutuskan untuk menulis semua jawaban yang berhubungan dengan buku dan penulis GagasMedia.

1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!


Buat yang ini nih, ternyata saya punya setumpuk buku GagasMedia yang menjadi favorit saya. Sempat bingung untuk memilih karena dari sekian banyak buku itu harus diciutkan menjadi 12 buku ._. Daftar kedua belas buku itu :



2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?


Sunrise Serenade by Dian S.P. dan Sundea. Saya salut pada perjuangan mbak Dian dalam menghadapi penyakit Lupus yang dideritanya. Cuma orang-orang yang kuat dan berjiwa hebat aja yang mampu menjalani enam kali proses pembedahan otak dalam waktu satu bulan. Cuma orang yang pemberani aja yang bisa menerima kenyataan dan melanjutkan hidup seperti sediakala ketika kondisi penglihatannya hanya tinggal 15% akibat obat yang dikonsumsinya untuk meredakan sakit Lupus. Dan saya salut pada cinta dan pengabdian suami mbak Dian (Eko Pratomo) dalam mendampingi mbak Dian.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

Ada banyak sih, diantaranya :
  • "Home is a place where you feel more comfortable. Home is place where you can be and find yourself. Home is a place where you can find your love." Life Traveler - Windy Ariestanty
  • "Kau bisa mewujudkan impian seseorang dengan kompromi. Itu sesuatu yang kita lakukan setiap saat tanpa sadar. Di rumah. Dengan keluarga kita." Memori - Windry Ramadhina
  • Nyaman “Nyaman adalah berbagi waktu tanpa perlu merasa canggung. Nyaman adalah menikmati keberadaan masing-masing, walau yang dapat kami berikan kepada satu sama lain hanyalah kehadiran itu sendiri." Melbourne : Rewind - Winna Efendi

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya. Hehehe...

Ini nih yang bikin galau. Saya bingung mau milih siapa. Daftar book boyfriend saya panjang banget :D Tapi kalau memang harus memilih, maka saya memilih Simon dari Memori-nya Windry Ramadhina. Simon itu cuek tapi saat bersamaan juga perhatian, pinter meskipun orangnya berantakan. Kenapa saya cocok dengannya? Ya... karena saya nggak bakal deh ngebiarin Simon sendirian ke Belanda. Kasian kan dia disana sendirian #delusionalnya kumat

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!

Ending paling berkesan buat saya apalagi kalau bukan ending Memori-nya Windry Ramadhina. Saya sudah menyiapkan diri dengan cerita yang berakhir sedih tapi justru yang terjadi diluar dugaan saya. Dan.. endingnya juga nggak menye-menye, praktis seperti karakter Simon dan Mahoni.

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?


Nggak susah sih ngejawab pertanyaan ini. Perkenalan pertama saya dengan buku GagasMedia karena Pillow Talk - Christian Simamora. Penyebabkan karena adik sepupu saya yang saat itu masih duduk di bangku kelas 1/2 SMU. Suatu sore saya main ke rumahnya, ketika sedang melihat-lihat rak bukunya tiba-tiba dia nyeletuk "Kak, buku Pillow Talk itu buat kakak aja. Aku salah beli. Itu buku buat orang dewasa."

Jeng... Jeng... Bingung dong saya kok bisa-bisanya dia salah beli buku. Langsung deh buku itu saya bawa pulang. Berhubung sebelumnya saya lebih banyak membaca buku terjemahan, membaca buku karya penulis lokal dengan gaya menulis Christian Simamora yang khas : hot, seksi dan heboh merupakan hal yang sangat baru buat saya. Di luar dugaan saya suka dengan ceritanya.

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?


Dear You - Moammar Emka. Alasannya sih simpel aja. Judulnya pas banget dengan isi bukunya. Penuh rayuan. Judulnya itu seolah-olah merayu pembaca untuk membaca bukunya. Belum lagi tagline-nya yang bikin senyum-senyum nggak karuan. "Demi Apa? Demikian Aku Mencintaimu?"

8. Sekarang lihat rak bukumu... Cover apa yang kamu suka?

Bingung milihnya. Terutama karena seperti yang saya sebutkan diatas, GagasMedia itu penerbit yang terkenal dengan covernya yang eye catching yang ngebuat sulit diabaikan. Tapi saya memilih enam cover yang menjadi favorit saya :



Secara singkat nih, cover-cover diatas seperti menggambarkan isi cerita bukunya. Memori menggambarkan tentang rumah yang akhirnya diwarisi Mahoni, Marriageable menggambarkan kotak susu yang sesuai penggambaran si tokoh utama cewek tentang rahim. The Journeys 3 menggambarkan perjalanan yang sudah dilalui para penulisnya. Kedai 1001 Mimpi menggambarkan kalau si penulisnya pernah bekerja di gerai kopi terkenal. I For You punya cover yang manis dan unyu khas ABG seperti juga isi bukunya. Sperate Beds itu punya cover tambahan yang bisa dibuka dibagian gambar bantalnya. Unik!

9. Tema cerita apa yang kamu sukai. Kenapa?

Tema cerita yang menjadi favorit saya adalah romance dengan tambahan tema keluarga atau persahabatan. Tema romance adalah tema universal, yang bila seorang penulis mampu meramu dengan bagus maka akan menghasilkan cerita yang bakal dikenang pembaca, dan bila tidak mampu ditulis dengan baik maka bakal jadi cerita cinta picisan.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui. Kalau sudah bertemu, kamu mau apa?

Saya paling ingin bertemu dengan mbak Windry Ramadhina dan Windy Ariestanty. Saya pengen banget tahu bagaimana proses kreatif mereka khususnya mbak Windy yang mampu menuliskan perjalanan di buku Life Traveler dengan begitu apik. Kalau sudah ketemu, bakal saya todong minta tanda tangan untuk semua buku mereka yang saya miliki.

11. Lebih suka baca ebook (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?

Saya bukan pembaca yang fanatik pada satu format buku. Selama itu buku baik berbentuk digital ataupun kertas tidak menjadi masalah buat saya karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ebook menjadi sangat berguna ketika saya tidak bisa membawa buku misalnya karena berada di pesta atau ketika harus menjalani penempatan kerja di daerah terpencil dan ketika malam hari listrik mati. Sementara buku cetak bisa dikoleksi (jumlah yang makin banyak jelas kelihatan) dan tidak perlu khawatir akan kehabisan batrei :D Intinya sih, yang mana aja nggak masalah sepanjang buku itu dibaca.

12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu

Dua belas tahun GagasMedia terus bergegas melesat hingga ke puncak teratas.

Happy birthday GagasMedia. Tetap menjadi penerbit dengan ciri khas covernya yang menarik dipandang mata, layout dalam buku yang menarik, dan typo yang terhitung minimal.



No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...