Monday, 11 March 2013

#69 Flipped by Wendelin Van Draanen



Judul : Flipped
Penulis : Wendelin Van Draanen
Penerbit : Orange Books, Agustus 2011
Tebal : 272 halaman
Genre : Young Adult
ISBN : 978-602-8851-80-0

Bagi Bryce Loski, Julianna Baker itu gangguan terbesar dalam hidupnya. Sejak ia dan keluarganya pindah ke rumah baru yang letaknya di seberang rumah Juli, cewek itu sudah muncul di depan rumah mereka dan sok sibuk menolongnya. Peristiwa itu terjadi saat Bryce kelas dua SD dan berlangsung hingga sekarang, ketika mereka sudah beranjak dewasa.

Selain pengganggu, Bryce juga menganggap Juli cewek aneh. Kebiasaan Juli yang suka nongkrong diatas pohon Sikamor hingga nekat menentang orang dewasa waktu pohon itu akan ditebang itu aneh. Kesukaan Juli pada ayam-ayam yang dulu sempat menjadi proyek sains di sekolah mereka juga aneh. Kedua abang Juli yang suka memelihara ular bagi Bryce termasuk kategori aneh. Halaman depan rumah Juli yang tak terurus, ayah Juli yang punya profesi sebagai pelukis makin melengkapi anggapan Bryce akan sosok Juli yang aneh.

Juli sendiri sudah naksir pada Bryce sejak pertama kali melihatnya. Bagi Juli, mata biru Bryce adalah mata paling biru di seluruh dunia. Tapi sayangnya Bryce selalu bersikap malu-malu kalau ada di dekatnya. Pokoknya Bryce adalah satu-satunya cowok paling keren bagi Juli.

Semuanya berubah ketika mereka mulai beranjak remaja. Juli baru sadar jika selama ini Bryce memandangnya sebelah mata dan tidak pernah menghargai kerja kerasnya. Apalagi saat ia tahu diam-diam Bryce menjelek-jelekkan keluarganya di depan teman-teman sekolah mereka.

Seharusnya Bryce senang Juli tak lagi menjadi parasit terbesar dalam hidupnya. Tapi saat ia tahu rahasia terbesar Juli dan rahasia besar keluarganya, Bryce mulai meragukan tindakannya pada Juli selama ini.

Dengan sudut pandang dari kedua tokoh, buku ini tidak hanya bercerita tentang cinta pertama sesuai tagline-nya “You never forget your first love” tapi juga bercerita tentang kehidupan. Ada pesan singkat nan padat didalamnya. Pesan bagaimana selama ini kita hanya memandang orang lain hanya dari tampilan luar mereka.

Terjemahannya terasa nyaman dibaca dan karena buku ini bercerita dari sudut pandang Bryce dan Juli, ada pembeda yang terlihat jelas di masing-masing cerita tokohnya. Pembeda itu berupa posisi peletakan nomor halaman beserta nama tokoh yang sedang bercerita.


Flipped pertama kali diterbitkan pada tahun 2001 telah diangkat ke layar lebar di tahun 2010. Dengan sutrada Rob Reiner, film tersebut dibintangi oleh Callan McAuliffe (yang tampil sebagai Sam Goode di film I Am Number Four) sebagai Bryce dan Madeline Carroll sebagai Juli. Cover depan terbitan Orange Books yang saya baca ini menampilkan sosok kedua pemerannya. Saya sendiri tak berhasil membayangkan cowok yang duduk di atas sepeda itu sebagai Sam Goode di I Am Number Four.

Tak hanya diangkat menjadi film, Flipped juga meraih nominasi dan penghargaan untuk bukunya. Di tahun 2003 Flipped menang dalam Virginia Young Readers Program Award dan South Carolina Children’s Book Award. Pada 2004 flipped masuk dalam nominasi Illinois Rebecca Caudill Young Reader’s Book Award, serta menang dalam California Young Reader Medal dan Nevada Young Reader Award.


No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...