Saturday 1 February 2014

#122 Kendra's Chronicles #1 - Beastly by Alex Flinn

Judul         : Beastly
Serial         : Kendra’s Chronicles #1
Penulis       : Alex Flinn
Penerbit     : Mizan fantasi
Terbit         : Juli 2011 (pertama kali terbit pada 2007)
Tebal         : 409 halaman
Genre         : Young Adult
Format       : Paperback
Status         : punya sendiri
ISBN         : 9789794336120

Periode Baca : 1/1/2014 - 1/1/2014
Blurb 
"Kau akan tahu bagaimana rasanya jadi buruk rupa, seburuk hatimu. Kalau kau berhasil belajar dari kesalahanmu, kau bisa mematahkan mantraku. Kalau tidak, kau akan hidup dengan hukumanmu. Menjadi monster, selamanya."

Kyle cowok paling tajir dan populer di sekolahnya. Dia nggak mau turun "derajat" dengan bergaul sama anak-anak culun dan nggak populer. Menindas dan mengejek anak-anak culun adalah hiburan sehari-harinya. Karena keangkuhannya, penyihir mengutuk Kyle menjadi makhluk buruk rupa. Sesosok monster yang ditakuti teman-temannya, bahkan ayahnya sendiri pun membuangnya. Kutukan itu bisa terurai apabila Kyle bisa menemukan gadis yang mencintai dia apa adanya. Gadis yang bisa melihat kebaikan di balik keburukan.

Hanya Lindy satu-satunya harapan Kyle. Lindy, gadis biasa dan miskin yang sempat diberinya sekuntum mawar. Lindy gadis yang dulu tak pernah diliriknya dan menjadi sasaran ejekannya. Namun, setelah Kyle berhasil membawa Lindy ke rumahnya, gadis itu tetap tak tertarik. Lindy tak suka baju, tas, ataupun make up. Sekamar penuh barang-barang bermerek pun tak diliriknya. Lindy bahkan merasa, Kyle telah menculik dan memaksanya. Bagaimana Kyle bisa mendekati Lindy?

Review
Dari judulnya saja sudah bisa ditebak jika buku ini merupakan re-telling dari kisah dongeng lawas “Beauty And The Beast”. Kisah cinta dimana si buruk rupa harus mencari seorang gadis yang tulus mencintainya agar kutukan buruk rupanya dapat sirna, dan ia kembali menjadi sediakala.

Kyle Kingsbury adalah cowok paling tajir, paling ganteng, dan populer di sekolah. Ia juga angkuh, suka memandang rendah orang lain, dan suka memberi julukan-julukan buruk pada orang lain. Maklum saja. Ayahnya seorang pembaca berita terkenal di seluruh negeri.

Suatu ketika, ia mengerjai seorang penyihir yang menyamar menjadi murid di sekolahnya, SMU Tuttle. Si penyihir mendapat tugas untuk menyadarkan Kyle dari tingkah buruknya selama ini. Akibat perbuatannya mengerjai si penyihir, Kyle pun mendapat kutukan. Ia berubah menjadi seorang monster buruk rupa, yang saking jeleknya, Ayah Kyle sendiri pun menolak untuk tinggal bersamanya.

Sang Ayah memberi Kyle sebuah rumah besar untuk dihuni bersama pembantu dan tutor yang buta. Si tutor bertugas mengajari Kyle karena semenjak dikutuk menjadi monster, ia tak lagi bersekolah. Sebelum menghilang, si penyihir yang bernama Kendra itu mensyaratkan jika Kyle ingin kembali normal ia harus mematahkan kutukan dalam waktu 2 tahun dengan cara mencari seorang cewek yang benar-benar tulus mencintainya.

Tapi bagaimana caranya sementara Kyle, yang kini berganti nama menjadi Adrian, tak boleh bersosialisasi dengan orang lain kecuali tutor dan pembantunya. Kyle mengambil jalan praktis dengan menggunakan koneksi internet. Ia bergabung dalam banyak situs pertemanan demi mencari gadis idamannya.

Ketika waktu dua tahun itu mulai mendekati masa kadaluarsanya, Kyle bingung harus mencari kemana lagi karena tak satu pun cewek di situs pertemanan itu yang membuatnya tertarik. Di saat seperti itu Lindy muncul menyelamatkannya. Cewek penerima beasiswa di sekolahnya yang dulu itu hadir di rumah Kyle demi menggantikan ayahnya yang mencuri di rumah Kyle. Di sekolah Kyle tak pernah peduli pada Lindy, karena statusnya yang hanya seorang anak penerima beasiswa. Satu-satunya interaksi mereka hanyalah sewaktu di prom night Kyle memberikan korsase mawar putih kepada Lindy karena Sloane, pacar Kyle, tak menyukai korsase itu.

Agar ayahnya tak masuk penjara, Lindy harus tinggal bersama Kyle hingga batas waktu yang tak ditentukan. Bagaimana bisa Lindy jatuh cinta pada Kyle sementara ia begitu benci pada sosoknya yang telah memisahkan dirinya dari sang ayah. Harapan Kyle untuk kembali normal sepertinya hanya mimpi belaka.

Karakter
Kyle Kingsbury / Adrian King. Sebagai Kyle Kingsbury, ia adalah cowok dengan kelakuan paling menyebalkan. Suka mengerjai teman-teman sekelas yang tidak populer. Suka memberi julukan-julukan jahat kepada mereka. Dan menganggap semua orang tak sekelas dengannya hanya karena ayahnya salah satu donatur tetap di SMU Tuttle. Ia tajir, ganteng dan populer baik diantara siswa cewek maupun siswa cowok. Ia juga punya pacar seorang kapten cheerleader.

Pergantian nama Kyle menjadi Adrian juga diikuti perobahan tingkah lakunya meskti berlangsung tidak secara drastis. Ia mulai dapat menerima kondisi tubuhnya yang buruk rupa. Ia mulai menghormati orang-orang yang dulu dianggapnya tak sepadan untuk dirinya seperti Magda, pembantu di rumahnya. Ia pun juga punya kebiasaan baru, menanam mawar di rumah kaca.

Linda “Lindy” Owens, cewek penerima beasiswa di SMU Tuttle. Tidak pernah masuk dalam daftar cewek-cewek populer di SMU tersebut. Tinggal di lingkungan yang penuh dengan pengedar-pemakai narkoba. Tetap setia mengurus ayahnya meski kerjanya hanya mabuk dan memakai narkoba. Pelan-pelan ia mulai jatuh cinta pada Adrian karena sifat Adrian yang lembut.

Plot, PoV, Setting
Beastly beralur maju. Meski merupakan dongeng klasik tapi diadaptasi dengan tepat ke era modren oleh Alex Flinn. Salah satu adaptasi modren yang dimasukkan Alex Flinn adalah penggunaan internet dan chatting, prom night di sekolah, serta adanya kereta api bawah tanah.  PoV seluruhnya diambil dari sisi Kyle/Adrian, sementara dari sisi Lindy diceritakan dalam novella “Beastly : Lindy’s Diary”. Settingnya pada jaman sekarang di kota New York .

Ide cerita
Merupakan kisah dongeng klasik “Beauty and The Beast” yang diadaptasi ke era modren.

Cover dan terjemahan
Cover bisa dibilang nggak banget. Sepasang remaja cewek dan cowok bergandengan tangan di sebuah ruangan penuh kursi-kursi panjang berjejer seperti di dalam gereja. Gambar setangkai mawar merah *serasa lagu* di judulnya lumayan bisa mempermanis covernya. Tapi kan seharusnya mawarnya putih bukan merah. Mawar yang diberikan Kyle ke Lindy warna putih. Mungkin karena perjalanan jauh dari Amerika sono ke Indonesia yang beriklim tropis, warna mawarnya pelan-pelan berubah kali ya #yakaliput --" 
Terjemahannya nyaman dibaca dengan typo yang minimal.

Bagian favorit
Tidak ada adegan yang benar-benar menjadi favorit bagi saya tapi saya agak terganggu dengan adegan saat Adrian berusaha membebaskan Lindy dari cengkraman penjahat. Aksi heroiknya justru terkesan sinetron banget. Malah tidak heroik bagi saya. Rasa belum tepat saja remaja seusia Adrian melakukan hal seperti itu.

Rekomendasi
Buku ini saya rekomendasikan pada remaja dan juga pada penggemar dongeng-dongeng ala Disney. Bisa juga buat mereka yang mencari bacaan-bacaan ringan.






@ Medan
11012014

1 comment:

  1. Hiks, buku punya entah nyelip di mana. Mana masih segel pula.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...