Tuesday, 1 November 2016

Hello November + Kalau Lagi Males Ngeblog

source

Hai... 

Ternyata cukup lama saya membiarkan rumah kesayangan saya ini terbelengkalai dan berdebu di setiap sudutnya *ambil kemoceng*

Beberapa bulan ini saya mengalami apa yang dinamakan sebagai penyakit "Malas Ngeblog" aka. "Blogging Slump". Tidak cuma ngeblog sih, tapi juga membaca buku dan menulis review. Tidak ada niat sedikit pun untuk menyalakan laptop dan mulai ngeblog. Yang ada saya malah menyalakan laptop dan menonton film. Iya, beberapa bulan ini saya terdistraksi oleh drama / film dari negara Asia Timur seperti Jepang / Korea / China. 

Tapi saya bertekad untuk kembali ngeblog di bulan November ini. Dengan bantuan blog/reading planner saya berusaha mendisiplinkan diri kembali untuk ngeblog dan membaca. Dengan tekad baru ini juga saya mengubah jadwal postingan yang biasa. Saya akan posting tentang review buku di hari Selasa dan di hari Jum'at saya akan posting tentang non review buku, termasuk di dalamnya review film, pendapat saya tentang sesuatu hal, dan lainnya.

Mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana saya menemukan kembali niat untuk ngeblog dan membaca setelah sekian lama vakum. Saya kasih tahu sedikit apa yang saya lakukan ya :
  1. Baca buku favorit dari penulis favorit. Buku favorit dari penulis favorit amat sangat bisa membantu saya menemukan kembali semangat membaca. Biasanya tiga sampai lima buku favorit akan saya baca dalam beberapa waktu, dan... ritme membaca saya kembali normal. 
  2. Cari teman baca bareng. Tidak bisa dipungkiri kalau punya teman yang sealiran genre bacaannya bisa membuat kita semangat membaca. Beruntung saya punya Lilis @ Purple Bookish yang bersedia menyiksa diri untuk membaca buku-buku kacrut. Biasanya kalau sudah misuh-misuh nggak jelas soal buku yang kami baca, saya akan tertantang untuk mencari buku yang bisa "menormalkan" otak saya setelah membaca buku kacrut. Tidak harus buku kacrut, buku apa saja asalkan sesuai kesepatan bersama tidak masalah kok.
  3. Kopdar / ketemuan dengan teman yang jarang dijumpai. Kopdar BBI Medan adalah salah satu cara saya mencari semangat untuk membaca karena biasanya di kopdar tersebut kami saling berbagi informasi sedang atau baru selesai baca buku apa. Sedikit cerita tentang buku yang sedang atau sudah dibaca pasti akan membuat penasaran untuk membacanya.
  4. Buat perencaan ngeblog / membaca. Seperti yang saya singgung diatas, saya punya blogging / reading planner untuk membantu saya mendisiplinkan diri. Tidak perlu membuat rencana sampai sebulan penuh. Pelan-pelan saja. Misalnya untuk satu minggu dulu. mau tahu seperti apa blogging / reading planner saya? Nanti saya buat postingannya secara khusus ya.
  5. Blogwalking. Ini juga cara ampuh untuk menemukan semangat untuk ngeblog. Biasanya ada banyak ide yang muncul ketika sedang blogwalking. Jangan lupa, catat ide itu agar tak hilang begitu saja.

Nah.. itu cara saya untuk menemukan kembali semangat untuk ngeblog. Kalau kamu bagaimana caranya? Sampaikan di kolom komentar ya.



No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...