Wednesday 4 March 2015

#195 In Death #21 - Origin in Death by J.D. Robb

Sub Judul : Asal-Usul dalam Kematian
Serial : In Death #21
Penulis : J.D. Robb
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Januari 2015 (cetakan pertama pada 2005)
Tebal : 536
ISBN : 978-602-03-1277-4
Genre : Romantic Suspense

Format : paperback
Status : punya sendiri
Periode Baca : 07/02/2015 - 07/02/2015

Blurb : Perintis bedah rekonstruksi dan kosmetik modern, Dr. Wilfred B. Icove, ditemukan tewas dalam kantornya. Ia dibunuh dengan dingin dan penuh perhitungan: satu hunjaman tepat ke jantung. Cakram keamanan berhasil merekam pasien terakhir—wanita yang sangat cantik—melenggang masuk dan keluar dari klinik.

Dr. Icove terkenal sebagai dokter baik hati yang mencurahkan hidupnya pada keluarga dan pekerjaan. Tapi bagi Letnan Eve Dallas, tidak ada manusia yang suci bak malaikat. Kasus ini semakin membingungkan ketika anak laki-laki Dr. Icove juga dibunuh... dengan cara yang sama seperti sang ayah.

Siapa wanita cantik dalam rekaman cakram keamanan? Dan apa hubungannya dengan kedua korban? Dallas mengikuti insting tergelapnya dalam menelusuri masa lalu Dr. Icove dan menguak rahasia pria yang terdorong untuk menciptakan kesempurnaan mutlak di luar batas ilmu pengetahuan, hukum, dan moral kemanusiaan.


Review

Eve is back \(^_^)/

Kali ini kasus yang ditangani Eve berkaitan dengan dunia medis.

Seorang dokter bedah plastik dan rekontruksi terkenal Dr. Icove terbunuh di kantornya sendiri pada jam makan siang. Dari rekaman kamera pengawas terlihat yang terakhir kali memasuki ruangan tersebut adalah pasien Dr. Icove, seorang wanita muda, cantik, yang rasanya tak membutuhkan lagi keterampilan Dr. Icove. Di TKP tidak terdapat sedikit pun petunjuk ataupun sidik jari yang tertinggal. Sementara penyebab kematian Dr. Icove adalah luka akibat tusukan tepat di jantungnya menggunakan pisau bedah.

Kecurigaan terbesar jatuh pada Dr. Icove Junior yang juga berprofesi sebagai dokter bedah plastik dan rekontruksi sekaligus anak tunggal Dr. Icove. Tapi kecurigaan ini segera terbantahkan ketika Eve menemukan Dr. Icove Junior meninggal di kamar ruang kerja di rumah pribadinya. Lagi-lagi tak ada petunjuk dan sidik jari yang tertinggal. Dan penyebab kematian pun juga sama. Luka tusukan di jantung menggunakan pisau bedah.

Kini kecurigaan jatuh pada istri Dr. Icove Junior, April. Namun ia memiliki alibi tak terbantahkan karena pada saat kejadian April dan kedua anaknya sedang menenangkan diri di rumah musim panas mereka akibat kematian Dr. Icove Senior. Penyelidikan Eve seolah-olah buntu karena tak satu saksi bisa dimintai keterangan, rekaman CCTV pun tak menunjukkan sesuatu yang mencurigakan.

Dengan bantuan Roarke, Eve berhasil menggali data terdalam klinik Dr. Icove Senior dan menemukan adanya tindakan penyelewengan dalam praktek medis yang dilakukan Dr. Icove Senior bersama rekannya. Mereka mencoba untuk membuat kloningan manusia dari manusia-manusia unggulan. Stok manusianya berasal dari sebuah sekolah berasrama yang lagi-lagi hanya menerima murid-murid unggulan.

Diluar penyelidikan rumit yang harus dijalani Eve, Eve punya masalah tersendiri. Kali ini masalah itu bernama Thanksgiving. Ya.. keluarga besar Roarke akan datang ke New York dan menginap di kediaman Roarke dan Eve untuk merayakan Hari Thanksgiving. Si polisi yang tak kenal rasa takut itu kini mulai ketakutan untuk bertemu dengan keluarga besar Roarke. Eve menyadari sebelum kedatangan Roarke dalam hidupnya Eve hanya seorang diri dan ia tak mengerti bagaimana sebaiknya ia bersikap dalam suatu keluarga. Menjadi istri saja menurut Eve sudah cukup merepotkan, apalagi menjadi bagian dari sebuah keluarga.

My Thought

Sepertinya baru kali ini kasus yang ditangani Eve lebih berkaitan dengan dunia science-fiction. Masalah kloningan itu beneran di luar dugaan saya sebagai pembaca. Tapi justru masalah kloningan itu menimbulkan pertanyaan baru "Apa jadinya dunia ini bila dipenuhi oleh manusia-manusia kloningan dan unggulan?"

Sebagaimana seri In Death yang terdahulu, seri ini pun melanjutkan perkembangan kehidupan Eve, Roarke, Charles, Louise dan lainnya. Untuk urusan terjemahan, nyaman banget dibaca. Covernya awalnya membuat saya bingung. Apa coba maksud boneka balerina di dalam tabung kimia itu? Eh.. ternyata covernya itu berkaitan erat dengan jalan ceritanya.


@ Medan
03032015


2 comments:

  1. Wah~~ genrenya Romantic Suspense, jadi pengen baca. Maklum, ini salah satu genre favorit saya. Jadi kayak novel Detektif gitu ya. Btw, saya juga tertarik dengan ulasan buku ini yang menyatakan “Mereka mencoba untuk membuat kloningan manusia dari manusia-manusia unggulan.” Hmm…kayaknya pembaca bakal dapat wawasan baru mengenai hal kloningan manusia ini.

    ReplyDelete
  2. Semacam kisah thiller ya! Wah, salah satu genre favorit saya, walaupun kadang bergidik juga jika ada keterangan-keterangan yang penjabarannya terlalu detail tentang kematiannya ataupun bagaimana keadaan mayat setelah dibunuh. Tapi cerita yang seperti itu, mampu memacu adrenalin untuk ikut menganalisa siapa pembunuhnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...