Monday, 5 October 2015

#219 Gelang Giok Naga by Lenny Helena

Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Lenny Helena 
Penerbit : Qanita
Tahun Terbit : pertama kali terbit pada 2007 
Tebal : 319
ISBN : 9793269510
Genre : Contemporary Romance + Historical Fiction

Format : paperback
Status : hadiah giveaway dari Ren @ Ren's Little Corner
Lokasi Cerita : Jakarta

Rating : 4/5

Blurb : Yang Kuei Fei, seorang selir kaisar Cina, melarikan diri dalam kekalutan setelah terbunuhnya sang Putra Langit.

A Lin dan A Sui, dua wanita imigran Cina, tiba di Indonesia pada awal abad ke-20.

Swanlin, seorang gadis pemberani, berdiri tegak di tengah pergolakan kebencian terhadap kaum Tionghoa.

Sebuah gelang giok peninggalan para naga menyatukan bentangan takdir mereka.

Apakah sebenarnya yang tersimpan dalam seuntai gelang bertatahkan giok, sehingga mampu mengurai sebuah kisah sejak masa kekaisaran Cina hingga pergolakan reformasi di Indonesia? Bagaimana sebentuk gelang dapat merangkai takdir empat orang wanita?


Review

Yang Kuei Fei adalah salah seorang dari tiga ratus selir yang dimiliki Kaisar Jia Shi, sang Putra Langit. Kuei Fei sangat bertekad untuk bisa melihat wajah sang kaisar sebelum ia meninggal. Sehingga ia memutuskan untuk melukai dirinya saat ia dan beberapa orang selir sedang bermain-main di taman istana.

Dampak dari perbuatannya, ia menjadi selir kesayangan sang kaisar yang terpesona oleh kecantikan Kuei Fei. Apalagi Kuei Fei diketahui hamil anak laki-laki. Sang kaisar pun memberikannya sebush gelang giok naga. Tapi hidup Kuei Fei yang tenang mendadak kacau balau ketika tiba-tiba sang Putra Langit terbunuh. Bersama kasim kepercayaan kaisar, Kuei Fei melarikan diri.

Abad berganti, kini gelang giok naga itu dimiliki oleh seorang imigran Cina yang datang ke Indonesia pada awal abad ke 20 bernama A Sui. Karena kemiskinan dan kebutuhan hidup yang mendesak A Sui terpaksa menggadaikan gelang giok naganya kepada seorang rentenir perempuan, yang sama-sama merupakan imigran dari Cina bernama A Lin. Gelang giok naga itu pun tak pernah kembali ke tangan A Sui.

Sekian tahun berganti kini A Sui dan A Lin terpaksa harus menelan ego masing-masing karena mereka memiliki seorang cucu yang sama. Ya.. anak ASui dan ALin saling menkah meski A Lin sangat menentang pernikahan itu. Sang cucu diberi nama Swanlin. Swanlin adalah gadis yang pintar, energik, dan sangat menyayangi kedua neneknya meski kedua nenek itu tak pernah akur.

Swanlin pun kuliah di universitas bergengsi dan aktif di gerakan mahasiswa. Di organisasi itu Swanlin mengenal Ruli yang kemudian menjadi suaminya. Di hari pernikahan mereka, sang nenek A Lin dengan seizin A Sui memberikan gelang giok naga itu kepada Swanlin sebagai hadiah pernikahan.

Tapi perjalanan gelang giok naga itu tak selesai di tangan Swanlin. Keindahan gelang itu kini dapat dilihat semua orang.

***

Sebenarnya buku Gelang Giok Naga ini sudah lama banget saya dapatkan dari hadiah giveaway Ren @ Ren's Little Corner. Tapi baru tahun ini tergerak untuk membacanya.

Gelang giok naga merupakan perpanjangan dari cerita bersambung yang dimuat di majalah Femina dengan judul yang sama. Buku ini punya nuansa Tionghoa yang sangat kental sejak halamana pertama. Prolognya bahkan memberikan sedikit dongeng tentang naga.

Bicara tentang karakter, buat saya karakter di buku ini semua tampil begitu adanya sesuai dengan jaman dimana karakter itu hidup. Bahkan untuk karakter A Sui dan A Lin tampak berusaha untuk bisa selaras dengan kondisi jaman sekarang. Alurnya pun tak berbelit-belit.

Intinya buku ini sesuai untuk mereka yang mencoba memulai membaca novel historis karena cerita sejarahnya tidak begitu monoton ditampilkan.

Point :
- Cover : (+) covernya tepat dengan gambar tangan perempuan mengenakan gelang giok naga
- Story : (+)
- Character : (+)
- Writing Style : (+)
- Moral / Interesting Trivia : (+) ada dongeng tentang naga di prolognya

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...