Tuesday 14 February 2017

BBI Share The Love 2017


Haiii...

Hari ini 14 Februari serasa hari lope-lope di udara ya? Lope-lope dimana-mana. Maklum saja sih soalnya hari ini kan dikenal sebagai Valentine's Day. Tapi buat para bookworm hari ini adalah International Book Giving Day. Hari tuker-tukeran hadiah.

Buat para member BBI hari ini lebih spesial lagi karena hari ini dimulainya BBI Share The Love. Jadi BBI Share The Love itu perpaduan antara Secret Santa dengan guest post. Nah.. para peserta dibagi berpasang-pasangan dimana mereka saling memberi kado buku dan saling menjadi tamu di blog masing-masing. Jadi beberapa hari ke depan blog saya ini akan diramaikan oleh tulisan tamu blog ini. Kenalan yuk siapa tamu saya.


Nah... saya sudah menyiapkan semacam interview dengan Frida. Yuk kita simak interview dengan Frida : (tulisan yang di-bold hitam itu menandakan pertanyaan dari saya, tulisan yang berwarna merah merupakan jawaban dari Frida, dan tulisan hitam bercetak miring merupakan komentar saya yang gak gitu penting juga sih buat dibaca ;p)

Cerita dong tentang diri kamu. Kamu tinggal dimana? Saat ini kesibukan kamu apa?

Saya seorang INTP, jadi ya begitulah. Tahun kemarin saya hidup nomaden, tapi awal tahun ini saya menumpang hidup di rumah orang tua (yang saat ini sedang hampir kebanjiran) di dekat Sungai Silugonggo, Juwana, Pati. (Semoga orang tua saya tidak menganggap saya sebagai benalu.) Selama lima tahun terakhir, baru kali ini saya tinggal di rumah lebih dari dua minggu  berturut-turut.

Setelah hidup lima bulan di sebuah desa terpencil di Lampung dan bekerja keras menghadapi diri sendiri selama di sana, saat ini saya memutuskan untuk menjadi diri sendiri secara utuh dulu. Saya sibuk berusaha membabat timbunan buku yang terus meninggi, pun sibuk melahap stok film dan sepenuhnya menyerahkan diri pada inspirasi-inspirasi untuk menulis sambil menunggu kembalinya hasrat bertualang.

(jadi penasaran nih Frida itu sebenarnya kerjanya apaan yak? Soalnya mainan ke desa terpencil dan gak lama gitu. GAK LAMA PUT??? Ya gak lama juga sih kalau ngitung berdasarkan waktu pas aku lagi penempatan di daerah terpencil ^^)


Kamu punya hobi lain selain membaca gak? Cerita dong.

Selain membaca, tentu hobi saya adalah menimbun buku (saya cemas, apakah ini kelainan mental seperti hoarding?). Lalu karena saya menyebut diri sendiri sebagai penulis (meski karya solo terakhir terbit tahun 2013), maka hobi saya adalah menulis. Saya juga suka nonton film dan serial. Sebenarnya saya juga suka jalan-jalan dan motret, tapi itu hobi musiman.

(menimbun sih bukan kelainan mental, Frida. Itu bakat alami yang dimiliki hampir setiap kutubuku. *sembunyiin timbunan*)

Cerita dong kenapa blog kamu dinamakan The Reveter? Dan alamat blog kamu yang kimfricung itu apa artinya? Ada makna khusus yang menyangkut keduanya?

The Reveter berasal dari judul novel saya yang pertama terbit. Reveter adalah orang-orang yang punya kemampuan istimewa untuk mengelola mimpi (mereka bisa masuk ke mimpi orang dan merancang mimpi). Saya harap bisa seperti para reveter itu: bisa menentukan mimpi yang ingin saya raih dan melakukan cara-cara untuk meraihnya.

Kalau "kimfricung", itu karena sekadar ngikut akun Twitter saya. Nah, asal mula akun Twitter saya sendiri berkaitan erat dengan masa gemilang saya sebagai fans Super Junior, khususnya Yesung. Si Yesung ini kadang dipanggil fansnya dengan panggilan sayang-sok-imut-yang-mungkin-bakal-bikin-kamu-enek "Ecung". Jadi, "kimfricung" = Kim (marga Yesung) + Fri ("Frida") + Cung ("Ecung"). Meski sekarang saya sudah "lulus" dari fans Super Junior, saya bertekad mempertahankan nama itu demi memamerkan bahwa saya pernah alay.

(ya ampun... selama ini tuh kalau jadi silent reader di blognya Frida ngirain "kimfricung" itu istilah dari bahasa apa gitu. Gak taunya alat banget yak maknanya ._. Etapi Reveter itu keren juga artinya dan setelah ngubek-ngubek blognya Frida saya baru tau kalau Reveter itu berasal dari bahasa Perancis "reve" yang artinya "mimpi".)

Kamu punya pengalaman nggak terlupakan yang berkaitan dengan buku gak? Cerita dong

Ada banyak, sih, pengalaman semacam itu, tapi kebanyakan perlu waktu lama untuk mengubek-ubek lemari-lemari memori di dalam kepala (jadi ingat adegan heboh dan kacau di dalam kepala Spongebob, saat Spongebob-Spongebob kecil mencari-cari suatu memori di dalam kepalanya). 

Untungnya, ada satu yang langsung saya ingat: saya nggak akan pernah lupa bagaimana saya benar-benar merinding saat membaca Sputnik Sweetheart-nya Haruki Murakami, di adegan saat Miu naik ferris wheel dan melihat dirinya yang lain di dalam kamarnya (kelihatan dari jendela, bisa dilihat dari atas ferris wheel), sedang melakukan hal yang membuatnya jijik.

(ferris wheel??? Saya sih kalau ngomongin ferris wheel ingetnya sama adegan yayang (?) Theo James dan Shai Woods di film Divergent. Kesannya romantis gitu pacaran di tempat setinggi itu :p)

Tulis dong buku-buku favorit kamu yang huruf depan dari judul buku tersebut akan tersusun menjadi nama kamu FRIDA

From Paris to Eternity - Clio Freya
Raden Mandasia si Pencuri Daging Sapi - Yusi Avianto Pareanom
If I Stay - Gayle Forman
Dunia Sophie - Jostein Gaarder
A Monster Calls - Patrick Ness

(dari 5 judul buku yang difavoritkan sama Frida saya cuma kenal dengan If I Stay. Ah... Adam Wilde emang memesona yak? Sama memesonanya kayak Adam Levine ;p)

Nah... dari interview di atas pasti penasaran dong yang mana sih Frida itu orangnya. Nih.. saya kasih fotonya...


Kalau ngeliat fotonya kayaknya seru gitu ya main di pantai. Jadi curiga apa foto ini diambil sewaktu Frida lagi berada di desa terpencil di Lampung. Ohya.. kalau kamu masih kepo dengan sosok Frida bisa follow akun twitternya, facebooknya dan di Goodreads.

Dan.. jangan lewatkan guest post dari Frida dalam beberapa hari ke depan. Dia akan bercerita tentang genre favoritnya yaitu fantasi, misteri, thriller dan science fiction aka. sci-fi.




3 comments:

  1. Aku sudah lama tahu kak Frida dari blognya, dulu juga aku rajin ikutan kuis di blognya. hihi. Terimakasih untuk interview singkatnya :) Mampir juga ya ke blogku

    BBI Share the Love : Courious Talking About Melmarian

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...