Tuesday 28 May 2013

#87 Leaving Paradise #1 - Leaving Paradise by Simone Elkeles


Judul : Leaving Paradise
Serial : Leaving Paradise #1
Penulis : Simone Elkeles
Penerbit : Flux, Maret 2011
tebal : 204 halaman (ebook)
Genre : Young Adult
ISBN : 9780738731131

Sinopsis : 
Nothing has been the same since Caleb Becker left a party drunk, got behind the wheel, and hit Maggie Armstrong. Even after months of painful physical therapy, Maggie walks with a limp. Her social life is nil and a scholarship to study abroad--her chance to escape everyone and their pitying stares--has been canceled.After a year in juvenile jail, Caleb's free . . . if freedom means endless nagging from a transition coach and the prying eyes of the entire town. Coming home should feel good, but his family and ex-girlfriend seem like strangers. Caleb and Maggie are outsiders, pigeon-holed as "criminal" and "freak." Then the truth emerges about what really happened the night of the accident and, once again, everything changes. It's a bleak and tortuous journey for Caleb and Maggie, yet they end up finding comfort and strength from a surprising source: each other.
 Awalnya iseng ngajak chat mbak Desti di WA, hingga berlanjutlah dengan rencana baca bareng buku ini. Rencana itu dibuat di bulan April untuk rencana baca bulan Mei. Tapi hingga pertengahan Mei ebooknya pun belum tersentuh. Ketika sudah mulai membacanya duh ya... sulit rasanya untuk berhenti.

Semua mimpi dan hidup Maggie Armstrong hilang tak berbekas ketika ia mengalami kecelakaan. Ditabrak oleh tetangga sekaligus abang sahabat karibnya yang sedang mabuk. Kini si pelaku mendekam di penjara khusus remaja. Sekarang yang harus dilakukan Maggie adalah menerima kecacatannya dan kegagalannya meraih beasiswa pertukaran pelajar ke Spanyol. 

Seandainya bisa kembali ke masa lalu, Caleb Becker pasti tak akan pernah mengemudi saat ia mabuk. Kecelakaan itu membuatnya harus beradaptasi dengan lingkungan penjara yang sulit. Saat ini ia mendapat kesempatan untuk bebas bersyarat. Dan ia siap kembali ke Paradise, rumahnya sebagai seorang remaja yang lebih dewasa lagi.

Ternyata hidup sebagai seorang mantan pesakitan dari penjara makin membuat hidup Caleb sulit. Baru tiba di rumah, Ayahnya cuek padanya. Ibunya berpura-pura semuanya baik-baik saja bahkan mengadakan pesta penyambutan dirinya seolah Caleb baru saja pulang dari perjalanan jauh. Saudara kembarnya, Leah, menarik diri dari pergaulan, berubah menjadi cewek gothik.

Disekolah keadaan lebih parah lagi. Setiap Caleb berada semua pasang mata seisi sekolah memandangnya. Menunggunya berbuat khilaf lagi. Teman-teman yang dulu dekatnya mulai menjadikan keadaannya dipenjara sebagai bahan lelucon. Orangtua temannya melarang anak mereka untuk bergaul dengan Caleb. Belum lagi Maggie yang selalu saja sinis memandangnya. Padahal Caleb sudah mendapat cukup banyak pelajaran atas kejadian tabrakan itu. Situasi membuat Caleb dan Maggie harus dekat kembali. Mau tidak mau. Meskipun terasa sangat canggung bagi mereka. Teapt ketika Caleb mengira Maggie telah memaafkannya, Maggie pun balas dendam terhadapnya.

Oke!! review saya terdengar dangkal banget. Tapi sebenarnya dibukunya tidak sedatar dan sedangkal review ini. Sepanjang cerita hingga halaman terakhir, emosi selalu silih berganti saya rasakan. Simpati pada keadaan Caleb dan Maggie. Simpati pada perjuangan mereka untuk berusaha hidup normal dan melupakan kejadian masa lalu dengan cara mereka masing-masing.

Rasa marah dan ingin ngegampar ibunya Caleb, Leah, dan Kendra. Ibu Caleb kok bisa-bisanya bersikap seolah-olah Caleb baru saja pulang dari liburan panjang. Tidak peduli keadaan psikis Caleb yang tidak menentu yang masih bingung atas rasa bebas yang baru ia rasakan. Leah yang terlalu egois dan pengecut. Pasang aksi lempar batu sembunyi tangan, padahal hanya Caleb satu-satunya saudaranya. Kendra yang super manipulatif dan menyebalkan. 

Mengambil rentang umur dewasa muda bukan berarti cerita dalam buku ini hanya berisi tentang cerita cinta ala remaja. Ada cerita tentang keluarga. Cerita tentang keberanian untuk jujur meski menakutkan dan menyakitkan. Covernya sendiri masih dalam batas aman meski mengingatkan saya pada cover Perfect Chemistry versi Penerbit Terakota. Dari 11 edisi buku ini yang tercatat di  goodreads covernya tak banyak mengalami perubahan, namun favorit saya jatuh versi penerbit Editorial Versatil pada tahun 2012 dalam bahasa Spanyol.

Trivia : Paradise merupakan salah satu daerah yang terletak di negara bagian Illinois, Amerika.

@ Halmahera
16052013


1 comment:

  1. Aku sempat ragu pas bikin review, kok datar ya ceritanya... padahal waktu baca ebooknya sampai nangis :) ternyata bukan aku aja yg ngerasa kayak gitu :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...