Saturday 30 January 2016

#228 Across The Universe (Across The Universe #1) by Beth Revis + Tebak Santa

Judul : Across The Universe
Sub Judul : Melintas Semesta
Serial : Across The Universe #1
Penulis : Beth Revis
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Januari 2015 (pertama kali terbit pada Januari 2011)
Tebal : 488
ISBN : 9786020311876
Genre : Young Adult

Format : paperback
Status : hadiah dari Secret Santa 2015
Rating : ★ ★ ★ ☆ ☆

Blurb : Amy adalah remaja yang dibekukan secara kriogenik di dalam pesawat angkasa luar Godspeed. Dia dan kedua orangtuanya akan menuju planet baru, Bumi-Centauri, tiga ratus tahun di masa depan. Tetapi 50 tahun sebelum Godspeed dijadwalkan mendarat, ruang krio 42 dibuka secara misterius, dan Amy terbangun dari tidur bekunya.

Seseorang mencoba membunuhnya

Kini Amy terjebak di dalam pesawat itu. Seluruh penumpang Godspeed yang berjumlah 2.312 orang dikendalikan oleh Eldest, pemimpin yang otoriter dan menakutkan. Tetapi ada Elder, remaja pemberontak yang akan menjadi penerus Eldest. Elder terpesona pada Amy, sekaligus ingin membuktikan dirinya sanggup menjadi pemimpin.

Amy sangat ingin memercayai Elder. Tapi bisakah dia menaruh keyakinan pada anak lelaki ini, yang tidak pernah tahu kehidupan di luar dinding-dinding kapal yang dingin? Amy hanya tahu dia dan Elder harus segera mengungkap rahasia-rahasia Godspeed sebelum orang yang telah membangunkannya mencoba membunuhnya lagi.

Review :

Amy dan kedua orangtuanya memutuskan untuk mengikuti pembekuan diri secara kriogenik dalam pesawat luar angkasa yang bernama Godspeed, meninggalkan Bumi-Surya menuju Bumi-Centauri. Perjalanan Bumi-Surya menuju Bumi-Centauri menghabiskan waktu tiga ratus tahun. Saat dibekukan umur Amy baru enam belas tahun dan profesi kedua orangtuanya terbilang cukup mentereng. Ayah Amy seorang analis militer dan ibu Amy seorang ahli genetik, profesi yang amat sangat dibutuhkan ketika mereka nanti tiba di Bumi-Centauri.


Begitu pentingnya pekerjaan orangtua Amy, kotak krio mereka diberi label "Confidensial" dan Amy sebagai anak remaja yang tidak memiliki keahlian apapun mendapat label "Non Confidensial" yang artinya jika diperlukan, jika beban Goodspeed bertambah berat, Amy merupakan salah satu yang akan dibuang ke luar angkasa. Tapi... lima puluh tahun sebelum Godspeed mendarat kotak krio Amy terbuka. Dan Amy pun menjalani hidup di dalam Godspeed.

Hidup di Godspeed terasa sangat membingungkan bagi Amy. Semua orang di dalam pesawat ruang angkasa itu memiliki rupa yang sama, bahkan ke tunik yang mereka kenakan. Mereka juga sangat patuh pada perintah, tidak pernah mempertanyakan apa yang diperintahkan pada mereka. Di Godspeed pula Amy mengenakan Eldest, pemimpin Godspeed yang sangat otoriter dan menakutkan, yang perintahnya tak pernah boleh dibantah. Hanya Elder, calon pemimpin Godspeed selanjut, seorang remaja seumuran Amy yang berani membantah Eldest. Kehadiran Amy pun sesungguhnya menjengkelkan buat Eldest karena Elder tak lagi begitu tertarik pada cara menjalankan Godspeed. Remaja itu lebih tertarik pada Amy yang memiliki ciri-ciri fisik dan pengetahuan tentang Bumi-Surya yang sangat berbeda dari semua orang yang ada di Godspeed.

Bersama Elder dan Harvey, sahabat Elder, Amy menemukan kejanggalan-kejanggalan dalam Godspeed. Mulai dari bintang-bintang yang tak dilihat Amy yang ternyata palsu. Musim, suatu waktu yang ditentukan oleh Eldest dimana semua orang akan berhubungan intim dan para perempuannya akan segera hamil secara massal. Para penduduk usia lanjut yang didiagnosa gila dan mendadak menghilang. Hingga, kotak-kotak krio yang mendadak terbuka dimana para penghuninya merupakan anggota militer.

Review :

Aaakkk... saya suka sama bukunya. Meskipun dibaca mepet banget dengan waktu posting review Secret Santa tapi saya suka sama bukunya. Saya suka pada penggambaran pesawat ruang angkasa raksasa seperti Godspeed. Apalagi ada diselipkan peta Godspeed sehingga saat membacanya saya gampang membayangkan keadaan dalam Goodspeed. Tokoh favorit saya disini tentu saja Amy, Harvey, dan Elder. Amy dengan kesendirian dan kebingungannya berusaha tegar menjalani hidup di Godspeed sambil berusaha agar kotak krio orangtuanya tidak terbuka oleh siapa pun yang pernah membuka kotak krio lainnya.

Harvey membawa pencerahan tersebdiri dalam cerita ini. Dia punya panggilan khas pada Amy yang berhubungan dengan ikan koi. Dibalik hobi melukis dan keceriaannya Harvey punya cerita sedih tentang masa lalunya yang pada akhirnya berdampak pada obsesinya pada bintang-bintang di ruang angkasa. Sementara Elder adalah remaja yang mulai punya jiwa pemimpin.saya maklum sih disini kenapa Elder seperti orang lelet. Seumur hidupnya dia didoktrin oleh Eldest tentang pentingnya kemiripan / kesamaan antar satu dengan yang lainnya. Tapi begitu dia melihat Amy dia mulai berpikir tentang perbedaan itu sesungguhnya indah kalau disikapi dengan baik. Elder juga belajar dari Amy bagaimana menjadi pemimpin yang melindungi warganya, bukan bertindak otoriter dan sok berkuasa.

***


Dan... waktunya untuk menebak siapa Secret Santa saya. Saya ingetin lagi deh dengan riddle saya ya :
Aku adalah putri dari sebuah kerajaan di daerah Norwegia. Tapi aku diculik nenek sihir lalu dikurung di sebuah menara yang tak terjamah. Kamu jangan salah sangka dulu, aku bukan Rapunzell. Aku hanyalah orang yang tinggal di daerah tak terjamah yang saat ini menjelma jadi Santamu. Ngomong-ngomong aku mengundangmu minum teh di rumahku, kamu pasti suka rumahku karena rumahku selalu ada salju di pojok kiri.

Beneran deh, saya bingung banget siapa Santa saya ini, Saya tidak mendapatkan petunjuk sedikit pun. Tapi berdasarkan salju yang bertebaran di rumah Santa, saya menebak :
  1. Cindy @ Let's Read Between The Pages
  2. Mbak Maria @ Hobby Buku Shelf
Kenapa mereka berdua/ Karena cuma mereka yang blognya bertebaran salju dimana-mana....

Nah Santa, maaf ya kalau seandainya aku salah menebakmu. Tapi jangan lupa bukan jati dirimu ya... Oh satu lagi... aku penasarah nih sama kelanjutan cerita Amy dan Elder. Beliin dong Santa buku 2 dan 3nya *disiletpakebisturi*





7 comments:

  1. Errr.. kayanya bukan bukan Mbk Cindy deh, tpi gtw jga, he4

    Yang ada tehnya blog siapa ya...

    ReplyDelete
  2. Mba Maria jadi tersangka banyak orang :)))

    Tapi bener sama yang dibilang budokwi kalau santamu yang lain ya Put.

    ReplyDelete
  3. Hai Mbak Putri.

    Sebelumya, maaf ya karena menerima hadiah dari toko buku online, rasanya kurang spesial kan. Karena pas itu aku lagi digunung dan bener-bener susah sinyal. Dapat sinyal pas keluar dr pengunungan, itupun karena ngidam bakso. Jadi aku terlalu repot kalo harus mengirim paket ke rumahku dan dikirim lagi ke alamat mbak put.

    Maaf lagi utk riddle yg terlambat. sebenarnya sudah nitip pesan kebukukita, tapi mungkin buku kita lupa memasukkan ke paket.

    Ngomong-ngomong aku ini santamu mbak lol. Sebenarnya aku pengennya jadi rapunzell bukan santa. karena kita tidak saling follow ditwitter jd Mbak put susah nebaknya ya. karena dalam semua kicauanku, aku sering menyebut diri sendiri rapunzell.

    Eh, Mbak put gak lihat ikon salju kecil ddibloggku?

    ReplyDelete
  4. eeenggg.... aku yg pake pp rapunzel kemana-mana, tapiiii..... maaaaf, blog-ku gak bersalju kok... malah malam penuh bintang itu :)
    #tertuduhmengelak #tapibahagiajaditertuduh ^^V

    ReplyDelete
  5. aku jadi inget pernah baca buku ini tapi belum baca lanjutannya hehe.. dan penasaran sama santamu put, siapa yaaa

    ReplyDelete
  6. across the universe ini cuma pernah liat movienya

    ReplyDelete
  7. wahahaha...bukan saia ya mbak put #verylaterreply

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...