Friday 14 April 2017

#BBIHUT6 - 5 Perpus Di Dunia Yang Ingin Kudatangi

Kapan terakhir kali kamu ke perpustakaan? Kalau saya sih sudah lebih dari lima tahun yang lalu. Saat itu perpustakaan yang saya datangi adalah perpustakaan fakultas dan keperluan saya disana adalah meminta Surat Pernyataan Bebas Pustaka sebagai persyaratan wisuda. Kalau kamu kapan terakhir kali ke perpustakaan?

Perpustakaan tumbuh seiring perkembangan peradaban manusia. Ada banyak bukti sejarah yang membuktikan adanya perpustakaan di masing-masing era manusia, entah itu sebelum ataupun sesudah Masehi. Meski beberapa perpustakaan di Indonesia banyak yang menganut konsep "yang penting ada" aka. "hidup segan mati tak mau" tapi Indonesia boleh berbangga hati punya perpustakaan megah seperti Perpustakaan UI dan Perpustakaan Soeman HS di Pekanbaru. Dua perpustakaan itu menjadi destinasi impian saya jika suatu saat nanti bisa berkunjung ke Jakarta atau Pekanbaru.

Tapi kali ini saya ingin berbicara tentang destinasi perpustakaan impian saya yang tersebar di seluruh dunia. Kita lihat perpustakaan apa saja itu...

sumber : website The Royal Library
5. The Royal Library @ Copenhagen, Denmark

The Royal Library adalah perpustakaan nasional negara Denmark sekaligus perpustakaan Universitas Copenhagen. Perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan terbesar di jazirah Skandinavia. Perpustakaan ini didirikan pada tahun 1648 oleh King Frederik III yang kemudian baru dibuka untuk umum pada tahun 1793. Saat ini The Royal Library mempunyai 5 area utama perpustakaan dimana perpustakaan utama terletak di Slotsholmen, Pelabuhan Copenhagen yang gedung perpustakaannya lebih dikenal dengan The Black Building. Sementara 4 area lainnya merupakan perpustakaan fakultas Universitas Copenhagen yang letak tersebar di seluruh area Copenhagen.



sumber : George Peabody Library
4. George Peabody Library @ Johns Hopkins University, Baltimore USA

George Peabody Library adalah perpustakaan Universitas Johns Hopkins yang terletak di Baltimore, Amerika Serikat. Meskipun ini adalah perpustakaan universitas namun siapapun bisa menggunakannya. Karena sang pendiri, George Peabody ingin menciptakan perpustakaan yang dapat dipergunakan oleh siapa saja yang ingin mempergunakannya.  Dari luar penampakan perpustakaan ini terbilang biasa saja. Namun bagian interiornya sukses membuat siapa saja tercengang melihatnya. Sehingga perpustakaan ini juga dinobatkan sebagai salah satu perpustakaan terindah di dunia. Uniknya, selain digunakan sebagai perpustakaan, perpustakaan ini juga dapat disewa untuk tempat menyelenggarakan resepsi pernikahan. Pengen gak sih bikin acara nikahan dan resepsi di tempat yang dikelilingi buku? ^^

sumber : Green Roofs
3. Central Library Of Vancouver @ Canada

Vancouver Central Library adalah perpustakaan umum yang dimiliki kota Vancouver, Kanada yang didirikan pada tahun 1869. Perpustakaan ini dibangun menyerupai bentuk Colosseum di Roma. Di dalam perpustakaan ini juga terdapat banyak restoran, toko-toko retail, dan parkir bawah tanah. Meskipun dibangun menyerupai bentuk Colosseum yang legendaris itu tapi hasil akhir penampakan perpustakaan ini menjadi luar biasa keren. Liat aja fotonya di sebelah kanan. Perpustakaan ini juga mempunyai program untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Tersedia juga buku-buku elektronik dan audiobook yang dapat didownload pembaca. Karena tampilannya yang keren perpustakaan ini menjadi lokasi syuting beberapa film dan drama televisi. Btw, ingat Kanda bikin ingat sama Perdana Menteri-nya yang ganteng itu gak sih? ;p

sumber : Atlas Obscura
2. Trinity College Of Library @ Dublin, Irlandia

Apa sih yang saya ingat ketika menyebut "perpustakaan dan Dublin, Irlandia"? Tahu serial In Death dari J.D. Robb? Ya... perpustakaan dan Dublin/Irlandia mengingatkan saya pada tokoh utama pria dalam serial tersebut, Roarke. Roarke adalah pria Irlandia yang besar di lingkungan kumuh Dublin dan sangat menyukai aktifitas pembaca sehingga mempunyai perpustakaan luar biasa keren di rumah pribadinya. Oke cukup membicarakan Roarke sekarang kita balik lagi ke Trinity College Of Library. Trinity College Of Library adalah perpustakaan umum untuk Trinity College dan Unversitas Dublin. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di Irlandia. Bagian lama perpustakaan ini yang disebut The Long Room merupakan mahakarya Thomas Burgh. Desainnya yang menarik membuat banyak wisatawan ingin melihat kemegahannya.

sumber : Wikipedia
1. Bibliotheca Alexandrina @ Alexandria, Mesir

Bibliotheca Alexandrina merupakan perpustakaan utama dan pusat kebudayaan yang terletak di Semenanjung Mediterania di kota Alexandria, Mesir. Perpustakaan yang ada sejak jaman kuno ini banyak menyimpan manuskrip bersejarah. Sempat terjadi pengrusakan hebat terhadap perpustakaan ini berserta isi-isi penting di dalamnya sekitar 1500 tahun yang lalu. Kejadian ini sempat dikenal sebagi kehilangan terbesar dalam sejarah kebudayaan manusia di dunia. Namun sekitar lebih kurang 30 tahun yang lalu perpustakaan ini dibangun kembali atas dukungan Presiden Mesir saat itu, Hosni Mobarak bersama Badan Pendidikan dan Kebudayaan PBB, UNESCO. Perpustakaan Alexandria versi moderen ini dibuka kembali tahun 2002 dengan area yang luar biasa besar. Ada banyak bagian di perpustakaan ini, termasuk di dalamnya planetarium. 


Bahan :
  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Royal_Library,_Denmark
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/George_Peabody_Library
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Vancouver_Public_Library
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/Trinity_College_Library
  5. https://en.wikipedia.org/wiki/Bibliotheca_Alexandrina
  6. http://bookriot.com/2013/03/27/bibliotheca-alexandrina-the-great-library-of-alexandria-reborn/




Posting Marathon HUT 6 tahu BBI hari kelima. Tema yang saya pilih : Wishlist Destinasi Wisata Literatur


2 comments:

  1. Wah.. Aku jadi tahu tentang perpus2 itu..semoga tercapai keinginannya ya kak..
    Selama ini aku pengennya ke perpus UI, hehehe..

    ReplyDelete
  2. Ditunggu liputannya ke perpustakaan tersebut di atas, wak. :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...