Monday, 15 May 2017

#286 : Runaway by Kezia Evi Wiadji

Judul : Runaway
Sub Judul : -
Serial : -
Penulis : Kezia Evi Wiadji
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : Desember 2014 (pertama kali terbit pada Desember 2014)
Tebal : 160
ISBN : 9786022517764
Genre : Young Adult

Format : ebook
Status : pinjam di iJakarta

Blurb : Amy dan adiknya, hidup bersama orang tua yang tidak lagi saling mencintai. Keberadaan sang ayah telah digantikan oleh materi, sementara sang ibu selalu menyakiti dirinya sendiri. Bertahun-tahun Amy merasa tidak bahagia. Gedung gereja dan kesibukannya sebagai panitia Natal selalu menjadi pelariannya.

Suatu hari, sepulang sekolah, Amy menemukan rumah dalam keadaan kosong. Hanya terdapat jejak darah di lantai dan di kamar ibunya. Sesuatu yang mengerikan telah terjadi dengan ibunya!

Karena tak mampu lagi bertahan, Amy melarikan diri. Lari dari keluarga yang tak lagi memberinya rasa aman, kebahagiaan, juga kasih sayang.

Tetapi ...

Seorang cowok menyebalkan, memergoki pelariannya itu!

Review

Kehidupan rumah tangga orangtua Amy dan Tasya tidak pernah harmonis sejak Amy menjelang remaja. Dia melihat bagaimana Papa hanya melimpahi mereka dengan materi sementara Mama selalu berusaha menyakiti diri sendiri dengan tujuan mendapatkan perhatian Papa. Bukannya peduli pada Mama, Papa malah menjauhi Mama.

Amy pun tumbuh menjadi remaja yang tak pernah percaya pada ikatan antar manusia. Dia selalu menjauhi segala bentuk hubungan. Tidak punya sahabat, tidak ikut berorganisasi, bahkan tidak punya pacar. Pada semua orang Amy hanya sebatas bertegur sapa. Hal ini berlanjut hingga Amy menginjak bangku SMU. Di rumah keadaan Papa dan Mama lebih parah lagi. Tindakan bunuh diri yang dilakukan Mama semakin menjadi-jadi sementara Papa semakin jarang pulang ke rumah.


Amy gundah. Tak tahu harus mengadu kemana. Akhirnya dia lari ke gereja, bukan untuk mengadu pada Tuhan melainkan untuk mendapatkan ketenangan untuk tidur siang. Tapi ternyata ketenangan itu tidak pernah datang. Amy justru diganggu oleh cowok keren tapi menyebalkan bernama Reno. Reno seperti bayangan yang selalu hadir di gereja saat Amy ada di gereja entah kapan pun itu.

Saat gereja Amy akan melaksanakan Natal, secara iseng Amy mencoba ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Mencari aman dia memilih seksi dekorasi. Sialnya seksi dekorasi ternyata diketuai oleh Reno. Anggota seksi dekorasi selain Reno dan Amy adalah sepasang cewek cowok yang jadian di gereja. Alhasil setiap mereka semua pergi mencari barang dekorasi Amy selaku berboncengan dengan Reno.

Tanpa Amy sadari Reno menjadi lebih sekedar ketua seksi dekorasi acara Natal di gereja mereka. Reno juga menjadi pelarian Amy, tempat Amy leluasa menangis saat dirinya tak sanggup lagi menanggung beban yang dihadapi Amy. Terutama saat Amy harus menghadapi kenyataan kalau Mama lagi-lagi berusaha bunuh diri dan berakhir di rumah sakit seperti biasa.

The Reason I Read This

Uuummm... Sederhana saja sih. Saya bingung mau membaca apa di iJakarta dan... tiba-tiba buku ini terlihat begitu saja.

Storyline / Plot

Runaway ini adalah buku Young Adult dengan nuansa kristinani yang kuat. Meski begitu buat kamu yang beragama non Nasrani hal ini tidak akan mengganggu keasyikan membaca buku ini kok. Untuk urusan alur cerita, Evi sebagai penulis cukup runut dan rapi menuliskannya, hal ini menjadikan buku ini nyaman untuk dibaca.

Character

Saya suka pada karakter Reno yang peduli pada orang lain tanpa terkesan ikut campur dan kepo. Reno juga cukup humoris yang terbukti dari julukan "banteng" yang diberikannya buat Amy karena kebiasaan Amy mendengus pada Reno. Sementara untuk karakter Amy... yah... sebagaimana lazimnya remaja galau. Gampang marah dan tersinggung.

The Ending

Ada hal yang tak terduga yang muncul menjelang akhir cerita yang sukses membuat saya bengong. Untuk urusan romancenya agak sedikit kurang mengigit buat saya karena buku ini lebih terfokus pada masalah keluarga. Tapi... saya suka pada endingnya.

My Impressions (How Did It Affect Me)

Saya suka sama ceritanya. Simpel sih tapi dalam. Dan ada pesan yang cukup dalam saya temukan dalam buku ini. Pesan "apapun masalah yang kita hadapi, Tuhan selalu ada untuk kita asalkan kita mau mengadu pada-Nya."

The Reason You Must Read This

Kalau kamu ingin membaca buku young adult non terjemahan yang kental nuansa keagamaan dan nuansa kekeluargaannya, kalau kamu ingin membaca buku young adult yang bersih, maka kamu wajib membaca buku ini.

No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...