Monday 15 February 2016

Chit - Chat : Kisah Cinta Yang Nggak Bikin Kamu Diabetes

Bulan Februari yang dikenal sebagai bulan penuh cinta ini, BBI nggak ketinggalan untuk membuat event bertema Valentine's Day. Agak bingung juga sih, saya mau membuat postingan apa yang berkaitan dengan Valentine's Day. Rencana buat penggemar romance seperti saya ini, bingung juga mau membuat postingan apa yang berkaitan dengan Valentine's Day. Yang terpikir oleh saya hanyalah membuat daftar book boyfriends sepanjang masa. Tapi kok ya jadi kayak posting di akhir tahun ya.


Akhirnya saya memutuskan untuk membuat postingan : Kisah Cinta Yang Nggak Bikin Kamu Diabetes aka. kisah cinta yang terlalu menye-menye. Mengapa saya mengambil topik itu? Yah... yang namanya buku romance pasti deh banyak adegan yang bikin hati meleleh, yang bikin mupeng, bahkan bikin gregetan. Nah, saya memutuskan untuk membuat daftar buku yang justru berkebalikan dengan pakem romance pada umumnya.

Tidak terlalu menye-menye yang saya maksud disini yaitu :
  • Adegan romantisnya tidak terlalu berlebihan atau cenderung tidak ada
  • Tidak ada pernyataan cinta yang lebay
  • Tidak ada panggilan sayang yang bikin diabetes
  • Tidak ada kalimat rayuan yang bikin eneg atau bahkan muntah
  • Menunjukkan cinta / perasaan lewat tindakan bukan kata-kata semata

Nah... kisah cinta yang menurut saya tidak terlalu menye-menye diantaranya :

Kisah Dilan & Milea
Penulis : Pidi Baiq
Cerita Mereka : Dilan adalah anak geng motor yang jatuh cinta pada cewek murid baru di sekolah mereka. Pendekatan yang dilakukan Dilan sangat nggak biasa, unik, dan bikin mesem-mesem yang baca. 
Adegan Romantis
- sewaktu Dilan memberikan buku TTS yang sudah terisi penuh sebagai kado ulang tahun Milea
- kebiasaan Dilan menitipkan coklat melalui tukang apa saja yang lewat di depan rumah Milea. Contoh : tukang sayur


Kisah Will & Elly
Penulis : LaVyrle Spencer
Cerita Mereka : kisah antara Elly yang dikira sebagai prempuan gila, hamil anak ke 3 dan menjadi janda karena suaminya meninggal dunia dengan Will yang seorang mantan narapidana, yang ingin hidup dengan tenang.
Adegan Romantis :
- sewaktu Will memberikan cincin murahan untuk pernikahan mereka. Saat mereka akan menikah, Will hanya punya sedikit uang dan dia bersikeras untuk memberikan sesuatu sebagai hadiah pernikahan untuk Elly.
- sewaktu Will membantu Elly melahirkan dan saat melihat bayi yang baru lahir itu Will langsung merasa kalau itu memang anaknya bukan anak Elly dengan suaminya yang dulu

Kisah Simon & Mahoni
Buku : Memori
Penulis : Windry Ramadhina 
Cerita Mereka :  pada dasarnya ini adalah kisah cinta lama belum kelar. Mahoni dan Simon harus berpisah karena impian mereka terhadap masa depan berbeda, dan juga karena Mahoni belum siap menjalin komitmen jangka panjang dengan Simon. Kini Mahoni dan Simon bertemu kembali dan ya... cinta itu masih ada.
Adegan Romantis : saat masih kuliah dan Simon sedang berada di rumah kos Mahoni, Mahoni menawarkan Simon untuk mencicipi minuman coklat yang sedang diminumnya. Bukannya minum dari cangkir yang ditawarkan Mahoni, Simon memilih cara lain yang lebih tak terduga untuk merasakan minuman 5 Dollar sekali seduh itu.

Kisah Kai & Hanna
Buku : Interlude 
Penulis : Windry Ramadhina
Cerita Mereka : ini kisah antara seorang bad boy yaitu Kai yang jatuh cinta kepada seorang gadis pemalu, penggugup yang punya trauma masa lalu terhadap laki-laki yang bernama Hanna.
Adegan Romantis :
- sewaktu Hanna berkata sepintas lalu kalau dirinya ingin pergi ke pantai, Kai mati-matian berusaha mewujudkan impian Hanna walaupun direcoki oleh kedua sahabat Kai, Jun dan Gita
- sewaktu Hanna didaulat naik ke atas panggung sementara Kai yang biasanya penuh percaya diri mendadak grogi karena kehadiran Hanna


Kisah Jodik & Tita
Buku : My Partner
Penulis : Retni SB
Cerita Mereka : singkatnya ini adalah kisah cinta dimana musuh bebuyutan yang kalau jumpa bawaannya ribut mulu yang akhirnya saling jatuh cinta. Enemies become lover.
Adegan Romantis : sewaktu Tita iseng membuat status di BBM-nya yang berkata tidak bisa tidur, dan Jodik tiba-tiba muncul di kos-kosan Tita lalu membawa Tita ke panti rehabilitasi di Bogor tempat mama Tita dirawat karena depresi. Disana Tita tidur dengan mamanya sementara Jodik nongkrong bareng satpam.

Kisah Park & Eleanor
Penulis : Rainbow Rowell
Cerita Mereka : kisah cinta remaja era 80-an yang pada awalnya mereka tidak saling suka, tidak saling bicara, bahkan diam-diam saling punya julukan satu sama lainnya.
Adegan Romantis : sewaktu Eleanor terlambat masuk ke kelas Mr. Stessman dan dia tersenyum lebar kepada Park. Walaupun teman sekelas Park merasa kalau senyuman Eleanor itu lebih terkesan seperti senyum seorang pembunuh bayaran yang dengan sukses menghabisi nyawa korbannya, Park merasa ingin membuat Eleanor lebih sering tersenyum seperti itu. Karena senyuman itu membuat wajah Eleanor yang aneh menjadi cantik dalam sekejap.

Kisah Connor & Risa
Penulis : Neal Shusterman
Cerita Mereka : ini adalah kisah cinta yang muncul karena sesama penderitaan, senasib sepenanggungan. Connor dan Risa adalah remaja yang melarikan diri dari rencana pemisahan raga yang harus mereka jalani. Dalam pelarian ada banyak konflik yang muncul yang membuat mereka semakin dekat hingga akhirnya saling jatuh cinta.
Adegan Romantis : dalam pesawat yang membawa Connor, Risa dan ratusan anak pelarian Unwind lainnya. Saat itu seorang anak sempat menyebutkan tempat mereka akan dibawa, Risa menjadi ketakutan dan Connor memeluknya (baca review saya untuk membaca adegan lengkapnya).

Nah.. itu dia para pasangan yang punya kisah cinta nggak menye-menye. Nggak bikin mupeng saat membacanya. Nggak bikin diabetes deh pokoknya. Ohya, kalau ingin membaca review saya, silahkan klik judul bukunya ya. Kalau kamu, ada gak pasangan yang kisah cintanya nggak menye-menye saat dibaca? Silahkan berkomentar ya.



PS : istilah Diabetes ini saya pinjem dari Lilis 


7 comments:

  1. Aku nggak kuat baca Eleanor & Park yang lambaaaaaaatttttt bangettt. Ntr dibaca lagi deh kapan-kapan. Hihihii. Jadi keingat awl perkenalan sama Windry Ramadhina itu lewat memori. Tapi yang bikin aku nggak diabetes itu tetep Walking After You #kekep Ju sambil makan kue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatku sih WAY itu masih agak kemanisan Lis. Masih agak menye-menye.. Aku kenal karya Windry juga dari Memori. Hehehe

      Delete
  2. Penasaran sama Dilan nih :)
    Aku suka banget Eleanor and Park, pasangan antimainstream dan jadul banget, berharap akan ada lanjutannya (dan yakin bakalan ada :p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dibaca Dilan-nya Lis. Tapi buku 1 aja. Hahahaha..

      Iya, aku juga penasaran sama lanjutannya Eleanor And Park. Soalnya dibuku itu kan nanggung banget ceritanya.

      Delete
  3. Widiiih, bisa nih jadi rekomendasi kalo gak pengen baca romens mewek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. buat yang pengen baca buku romens untuk pertama kalinya, buku diatas bisa jadi acuan kok. Soalnya nggak terlalu menye-menye ceritanya tapi kental romensnya.

      Delete
  4. Wahh menarik menarik. Ada juga ya kisah cinta yang bikin diabetes.
    Kisah cinta memang punya banyak sisi, latar belakang pelaku dan dinamis. Penggolongan kisah cinta yang menye-menye dan tidak menye-menye mungkin hanya sebagian dari mainstream berpikir saja. Manusia memang punya banyak sekali hal menarik.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...