Saturday, 30 April 2016

Putri's Favorite Children Books


Seperti kebanyakan para kutubuku lainnya saya mulai menyukai buku sejak masih kanak-kanak. Ada beberapa buku anak-anak yang menjadi favorit saya. Berhubung bulan April ini tema posting bareng adalah Buku Anak maka saya memutuskan untuk membuat postingan tentang buku anak favorit saya, karena untuk mereview sebuah buku anak di blog buku romance rasanya kurang tepat.

Dan... ini dia beberapa buku anak favorit saya (disususn secara acak) :

Harry Potter series - J.K. Rowling. Siapa yang tidak tahu cerita tentang si penyihir cilik Harry Potter? Gak perlu banyak kata untuk mendeskripsikan kenapa buku ini menjadi favorit saya. Dan... Harry Potter selalu saja menarik untuk dibaca bukunya atau ditonton filmnya. Tapi memang ya... buat saya bukunya jauh lebih menarik dari filmnya meski dipenuhi oleh berbagai macam special effect. Saya yakin serial Harry Potter juga masuk dalam berbagai daftar buku favorit para kutubuku lainnya. 


Musim Cherry di Bullerbyn - Astrid Lingdren. Dari judul dan gambarnya saja sudah cukup mewakili isinya. Cerita tentang anak-anak di desa Bullerbyn (Jerman, kalau tidak salah) yang sangat berbahagia menantikan datangnya musim ceri. Mereka bisa bermain di bawah rindangnya pohon ceri atau pun memetik ceri dan membawanya pulang ke rumah. Saya mengenal karya Astrid Lingdren saat duduk di bangku SMP lewat karyanya yang berjudul "Ronya di Sarang Penyamun". Saat itu di halaman buku tersebut terdapat cover buku Musim Ceri di Bullerbyn, meski baru bisa membaca buku ini ketika saya menginjak bangku kuliah tapi buku ini menjadi favorit sejak pertama kali dibaca.




Wonder - R.J. Palacio. Buat saya buku ini wajib menjadi buku bacaan setiap anak-anak SD bahkan wajib dibaca oleh siapa saja. Ada banyak pesan moral yang terkandung di buku ini. Perjuangan seorang Augie yang mengalami mandibulofacial dystosis yang menyebabkan wajahnya menjadi mengerikan dan ia harus menjalani serangkaian operasi agar bisa bernafas dan makan. Kisah bocah kelas 5 ini sungguh hebat.  Ada pelajaran tentang keberanian, persahabatan, keikhlasan, dan berbagai hal lainnya yang terkandung di dalam buku ini (baca review saya disini). Dan.. kalimat yang paling favorit di buku ini buat saya adalah "seharusnya semua orang di dunia ini mendapatkan sorak sorai penghormatan setidaknya satu kali dalam hidupnya, karena kita semua berhasil menghadapi dunia."


S T O P - Stefan Wolf. Cerita tentang empat detektif cilik plus satu anjing ini saya kenal ketika masih di bangku SD. Terima kasih untuk perpustakaan sekolah yang sudah menyediakan serial ini dan juga serial lainnya dengan lengkap. Sebenarnya cerita buku ini nyaris mirip dengan cerita detektif cilik lainnya. Yang membedakannya adalah di buku ini ada sentilan cinta monyet antara "ketua"kelompok Sporty dengan satu-satunya cewek yang ada di kelompok itu, Petra. Sayang Granedia tidak menerbitkan ulang buku ini. Kalau ada sih saya mau juga mengkoleksinya. Kan dulu baca buku ini cumi, cuma minjem.




Ya.. segitu aja deh buku anak pilihan saya meski sebenarnya masih ada banyak lagi yang menjadi favorit saya seperti bukunya Roald Dahl, Enyd Blyton dan lain sebagainya.



No comments:

Post a comment

Terima kasih telah berkomentar. Komentar sengaja dimoderasi untuk menghindari spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...